Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Debate Competition, Sarana Pengembangan Edukasi Keantariksaan untuk Generasi Muda
Penulis Berita : Humas/Gin • Fotografer : Humas/Fir • 10 Nov 2016 • Dibaca : 6960 x ,

Para pemenang LAPAN Debate Competition berfoto bersama dengan Kepala LAPAN

Rabu (09/10), berlangsung LAPAN Debate Competition 2016 di Ruang Antariksa Kantor LAPAN Pusat, Jakarta. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin ini diikuti oleh perwakilan sekolah menengah tingkat atas dan kejuruan se-Jabodetabek.

Kegiatan ini merupakan salah satu program edukasi keantariksaan LAPAN. Diharapkan, kegiatan ini menjadi langkah awal LAPAN dalam menjaring minat generasi muda yang maju berbekal wawasan dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Mengingat, penguasaan bahasa asing sangat penting untuk mengikuti perkembangan teknologi di era globalisasi sekarang ini. Selain itu, LAPAN akan menjaring ide-ide kritis generasi muda, khususnya di bidang kebijakan antariksa dan meningkatkan awareness bahwa teknologi antariksa itu bisa menjadi kunci penting dalam pembangunan nasional berkelanjutan.

Sepuluh tim mengikuti kompetisi setelah lolos dari seleksi tahap sebelumnya. Tim tersebut berasal dari SMAN Regina Pacis Bogor, SMAN 81, SMAN 8, SMA Global Persada Mandiri, SMAN M.H Thamrin, Mentari School Jakarta, dan SMA Stella Maris BSD.

Tahapan seleksi dimulai dengan menyaring peserta menjadi empat besar melalui penilaian juri vote lock. Prosesnya, juri mengajukan beberapa pertanyaan melalui pengundian. Masing-masing tim menjawab pertanyaan maksimal tiga menit. Kemudian juri membuat voting untuk memilih empat tim dengan nilai terbaik. Tim tersebut adalah SMAN 8 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, Mentari School Jakarta, dan SMA Regina Pacis Bogor.

Memasuki tahap akhir yaitu debat, masing-masing tim menunjukkan kebolehannya dalam beradu pendapat mengkritisi suatu permasalahan selama tujuh menit. Tema yang diusung yaitu “LAPAN DEBATE: Space Technology as Key Role in National Sustainable Development.” 

Hasil dari adu pendapat tersebut, maka diumumkan pemenang dalam kompetisi tersebut. Tim Juri mengumumkan juara 1 (SMA Regina Pacis Bogor), juara 2 (Mentari School Jakarta), juara 3 (SMAN 8), dan runner up (SMAN 81). Di akhir acara, masing-masing pemenang menerima secara simbolik hadiah berupa piala dan sertifikat. 

Dengan penilaian model British Style, kompetisi bahasa inggris ini menghadirkan Tim Juri yaitu Adek Triana Yudhaswari (Kemenlu), Ir. Christianus R Dewanto (Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum LAPAN), Ir. Agus Hidayat, M.Sc (Kepala Pusat Kajian dan Kebijakan Penerbangan dan Antariksa LAPAN), dan Jai Nair (Kedutaan Besar Amerika Serikat). 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL