Kompetensi Utama

Layanan


Anggota Wantimpres mengunjungi Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer
Penulis Berita : Humas/AP • Fotografer : Humas/AP • 16 Nov 2016 • Dibaca : 9429 x ,

Foto bersama kunjungan Wantimpres di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pameungpeuk

Rabu (16/11), Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (WANTIMPRES) Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara, Letjen TNI (Purn) M. Yusuf Kartanegara mengunjungi Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) Pameungpeuk, Garut. Kunjungan ini sebagai rangkaian acara menghimpun informasi tentang kondisi dan perkembangan terkini industri pertahanan non alutsista guna mengetahui kondisi riil dan perkembangan yang mutakhir di Provinsi Jawa Barat. Tujuannya untuk memperoleh informasi yang akurat sebagai bahan penyusunan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden Repubik Indonesia tentang upaya penguatan industri strategis pertahanan.

Dalam kesempatan ini, Anggota Wantimpres Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara beserta jajarannya melakukan kunjungan di lokasi fasilitas LAPAN Pameungpeuk tersebut. Kunjungan dipandu Kepala BUTPAA, Rahadyan Lingga Laksita. Ia menjelaskan fungsi dan kondisi beberapa fasilitas pengujian roket, seperti launching pad, ground control room, serta integration room.

Dalam kunjungan ini, disampaikan juga dokumen atau arsip tentang kegiatan di LAPAN Pameungpeuk. Arsiparis LAPAN, Sumantri menjelaskan sejarah pembentukan LAPAN sejak berdiri pada 1963 dan perkembangannya hingga 2016.

Selanjutnya, Lingga yang memaparkan program dan kegiatan litbang LAPAN, seperti peluncuran roket mulai Roket RX-250 hingga Roket RX-550. Ia juga menginformasikan Bulan Desember ini akan dilakukan uji statis Roket RX-550 dan uji terbang Roket RX-450. Ia juga menjelaskan berbagai permasalahan dan keterbatasam yang dihadapi Balai yang dipimpinnya selama ini. Salah satunya tentang peruntukan kawasan di sekitar lingkungan balai tersebut, dengan kondisi semakin banyaknya pemukiman serta penginapan liar. Sementara, untuk lokasi ideal bagi uji terbang roket sangat dibutuhkan kawasan yang bebas penghuni untuk menjamin keselamatan.

Dalam kunjungan ini, Letjen TNI (Purn) M. Yusuf Kartanegara menyatakan bahwa sebaiknya memang visi Indonesia dalam menguasai teknologi peroketan tidak hanya sebagai impian. Ia berharap semoga LAPAN makin maju, tidak hanya tertera dalam undang-undang, namun bisa secara riil memajukan Indonesia dengan kemandirian di bidang teknologi penerbangan dan antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL