Kompetensi Utama

Layanan


Pelajar Indonesia Meraih Juara dalam Kompetisi Roket Air Asia-Pasifik
Penulis : Wir/Kes • Media : thejakartapost.com • 16 Nov 2016 • Dibaca : 10101 x ,

Dua pelajar Indonesia membawa pulang piala dari kompetisi roket air Asia-Pasifik di Los Banos, Filipina, Minggu. Kompetisi ini bagian dari Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) atau perkumpulan dari 23 badan antariksa se-Asia Pasifik.

Bayu Dwi Tjahyono, siswa SMPN 5 negara SMP di Kebumen, Jawa Tengah, meraih juara dua dalam kompetisi. Sementara itu, Alfian Pebriansyah dari SMKN 4 negara SMK di Pontianak, Kalimantan Barat, meraih juara tiga.

Menurut situs resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kedua siswa sebelumnya memenangkan kompetisi roket air di tingkat regional dan nasional. Sebelum pergi ke Filipina, mereka telah menerima pelatihan tentang prinsip-prinsip dasar untuk menembuat roket air oleh lembaga Rocket Technology Center Tim (Pustekroket).

"Pemenang kompetisi tahun ini berasal dari Malaysia, sedangkan juara favorit adalah dari Vietnam," humas LAPAN, Mega Mardita mengatakan kepada kantor berita Antara, bahwa pihaknya berharap kompetisi akan mendorong anak-anak Indonesia untuk belajar lebih banyak tentang ilmu pengetahuan, aeronautika dan luar angkasa.

Kompetisi roket air Asia-Pasifik dibuat pada tahun 2005 untuk siswa usia 12 sampai 16 tahun. Kontes tahun ini melibatkan 54 siswa dari 13 negara peserta, termasuk Thailand, Jepang, Singapura dan Kamboja. Roket-roket itu pada dasarnya terbuat dari botol air berkarbonasi diisi dengan air dan diluncurkan dengan memperhitungkan tekanan dan sudut yang tepat. (Wir / kes)


Sumber : http://www.thejakartapost.com/youth/2016/11/16/indonesian-students-place-in-asia-pacific-water-rocket-competition.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL