Kompetensi Utama

Layanan


Anak Tukang Parkir, Juara 2 Lomba Roket Air Asia Pasifik
Penulis : Supriyanto • Media : suaramerdeka.com • 17 Nov 2016 • Dibaca : 5613 x ,

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Prestasi cemerlang ditorehkan oleh Bayu Dwi Tjahyono (14). Siswa kelas 8F SMP Negeri 5 Kebumen itu berhasil menjadi juara 2 lomba roket air se-Asia Pasifik yang berlangsung di University of the Philippines, Los Banos, Philipina, 11-14 Nopember 2016.

Kompetisi bertajuk “Water Rocket Event” yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF)” diikuti oleh 13 negara. Bayu bersama lima pelajar dari berbagai daerah mewakili Indonesia dalam ajang tersebut. Adapun juara I dalam event tersebut disabet oleh peserta asal Malaysia. Sedangkan juara III diraih peserta asal Pontianak (Indonesia).

Kepala SMP 5 Kebumen Mukhsinul Mubarok SPd MSi mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya. Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Wagiyono (48) dan Kodariyah (51) warga Gang Menur Kelurahan Panjer, Kebumen bisa berprestasi di tengah keterbatasan ekonomi. Bapaknya yang sehari-hari bekerja sebagai petugas parkir di Jalan Pahlawan tidak bisa memberikan fasilitas yang berlebih.

“Prestasi ini memberikan motivasi bagi pelajar lain untuk meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” ujar Mukhsinul Mubarok didampingi guru pembina Sugihandodo kepada Suara Merdeka, Rabu (16/11).

Sebelum berangkat ke Philipina, Bayu terlebih dulu mengikuti seleksi di tingkat Jawa Tengah dan berhasil menjadi juara I. Selanjutnya, pelajar yang bercita-cita menjadi anggota TNI tersebut maju ke tingkat nasional. Meski bukan menjadi juara I dalam lomba yang digelar Kemenristek itu, Bayu berhak ikut maju ke tingkat Asia Pasifik.

“Ternyata di Philipina Bayu bisa mengalahkan juara 1 tingkat nasional,” imbuh Mukhsinul Mubarok menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan.

Sementara itu, Bayu Dwi Tjahyono senang dapat berprestasi terutama di bidang roket air. Pelajar yang pernah menyabet juara I dalam Kejurkab Silat tersebut mengaku sempat sakit sebelum mengikuti lomba. Maklum dia baru pertama kali naik
pesawat terbang. Sebelumnya dia juga sempat dibekali Bahasa Inggris secara intensif oleh gurunya.

“Sempat gerogi sampai sakit, tetapi saya bersyukur sembuh saat mengikuti lomba,” ujarnya.




Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/anak-tukang-parkir-juara-2-lomba-roket-air-asia-pasifik/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL