Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Paparkan Peningkatan Kegiatan Edukasi Keantariksaan dalam APRSAF-23
Penulis Berita : Humas/Happy • Fotografer : Dok. Humas • 18 Nov 2016 • Dibaca : 18898 x ,

Peserta Space Education Working Group APRSAF-23 berfoto bersama

Untuk meningkatkan program dan kegiatan penyelenggaraan keantariksaan, LAPAN berpartisipasi aktif dalam organisasi kerja sama internasional. Salah satunya, LAPAN berkontribusi dalam penyelenggaraan Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) yang diselenggarakan tiap tahun. APRSAF-23 kali ini diselenggarakan di Manila, Philipina pada tanggal 15-18 November 2016.

Pada setiap pertemuan APRSAF, ada 4 working group yang membahas tindak lanjut maupun penjajakan kerja sama, laporan hasil kerja sama, serta berbagi pengalaman kegiatan masing-masing negara. Pada Space Education Working Group, Delegasi LAPAN yang hadir adalah Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto, Kepala Bagian Kerjasama Internasional, Leo Rijadi, Kepala Sub Bagian Edukasi Keantariksaan, Happy Rumiris Simanungkalit, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Sumedang, Aries, dan Peneliti PSTA, Ginaldi Ari. 

Pada working grup tersebut, Jasyanto menyampaikan kegiatan-kegiatan dalam rangka edukasi keantariksaan yang dilaksanakan di Indonesia di bawah koordinasi LAPAN. Jasyanto menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai peduli. Kegiatan edukasi keantariksaan semakin populer di kalangan generasi muda. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah partisipasi pada setiap kegiatan edukasi antariksa baik melalui seminar, sosialisasi, maupun kompetisi. Seperti jumlah partisipasi perguruan tinggi pada Komurindo-Kombat yang meningkat secara signifikan. Selain itu, terlihat juga pergerakan masyarakat yang peduli akan kegiatan keantariksaan di Indonesia. Detail teknis kompetisi Kombat disampaikan Ginaldi Ari pada hari yang berbeda. 

Pada kesempatan ini, Aries Kurniawan menyampaikan kegiatan edukasi dalam rangka Gerhana Matahari Total, pada 9 Maret 2016 yang dilaksanakan kurang lebih di 13 titik lokasi pengamatan. Selain edukasi, juga dilakukan penelitian bersama dengan peneliti asing, seperti dengan NASA yang melakukan penelitian bersama di Maba, Halmahera.

Pada akhir diskusi, anggota working group membahas untuk menyepakati tema Poster Contest tahun depan. Tema yang disepakati bersama untuk tahun depan adalah “Unity in Space”.

Pada Lomba Poster Tahun 2016 ini, perwakilan Indonesia, Ilona Adzra Alexsandria mendapatkan penghargaan “DOST Award”.

LAPAN berharap agar tahun depan, Indonesia dapat mengirimkan kembali perwakilan untuk bersaing di kancah internasional, salah satunya di APRSAF dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL