Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Biak Gandeng Guru dan Pelajar Pahami Pengelolaan Data Satelit dan Pengamatan Antariksa
Penulis Berita : Humas/Wawan • Fotografer : Humas/Wawan • 22 Nov 2016 • Dibaca : 31214 x ,

Peserta sosialisasi di LAPAN Biak sedang mencoba melakukan pengamatan matahari menggunakan teleskop

Untuk mendukung visi LAPAN menjadi pusat unggulan penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri, Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh Biak (LAPAN Biak) menyelenggarakan sosialisasi kepada para guru dan siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di wilayah Biak Numfor, Papua. Kegiatan berlangsung di Kantor LAPAN Biak, Kamis (17/11).

Kegiatan bertajuk “Pengenalan Stasiun Bumi TT&C dan Pengamatan Antariksa Menggunakan Teleskop” ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Biak Numfor, Asden J. Naiborhu dan perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor.

Dalam sambutannya, Kepala Balai LAPAN Biak, Marwoto mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk mengenalkan program dan kegiatan yang dilaksanakan di LAPAN Biak. LAPAN Biak memiliki fasilitas teknologi tinggi Stasiun Bumi Tracking, Telemetry and Command ( TT&C ) yang berfungsi untuk memonitor kondisi kesehatan satelit yang berada di orbit. 

Selain itu, di lokasi ini juga dilakukan riset oleh para peneliti LAPAN, untuk pengamatan antariksa menggunakan teleskop. Untuk mengetahui manfaat dan kinerja teleskop tersebut, ia menjelaskan prosedur penggunaan teleskop untuk pengamatan. Peserta sosialisasi diajak melakukan pengamatan bersama menggunakan teleskop. Karena pengamatan dilakukan siang hari, maka obyek yang diamati adalah permukaan matahari, dengan penampakan bintik hitam (sunspot).

Untuk mendukung layanan LAPAN Biak kepada masyarakat sekitar, Marwoto mengenalkan peran gedung Education Center di lingkungan kantor tersebut. Keberadaan gedung tersebut menjadi pusat edukasi bagi masyarakat Biak untuk menambah wawasan pendidikan tentang produk dan hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan yang dilakukan LAPAN.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan tentang pengamatan antariksa dan prosedur pengoperasian teleskop yang disampaikan oleh Rohmat Yulianto dan Daniel Sande Bona, serta pengenalan Stasiun Bumi Tracking Telemetry and Command (TT&C) oleh Manager Operasi ISRO Biak, S.N. Sahoo. 

Animo peserta cukup tinggi dalam menyimak penjelasan yang disampaikan para pemapar. Mereka sangat antusias mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pengetahuan dan memperluas wawasan mengenai berbagai riset yang dilakukan LAPAN. Sebagaimana diungkapkan salah satu peserta, mereka berharap agar sosialisasi semacam ini sering dilakukan LAPAN secara rutin, untuk meningkatkan pengetahuan tentang penerbangan dan antariksa serta mengenal lebih jauh LAPAN Biak dan fasilitasnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL