Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL SAINS ANTARIKSA 2016
Penulis Berita : Humas/Christine • Fotografer : Humas/Jaja • 24 Nov 2016 • Dibaca : 27053 x ,

Pusat Sains Antariksa LAPAN menyelenggarakan Seminar Nasional Sains Antariksa (SNSA) 2016, Rabu (22/11) di Auditorium Pusat Sains Antariksa, Kantor LAPAN Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan sejumlah 27 instansi pemerintah yang sebagian besar adalah pemakalah.

Acara yang digelar rutin tahunan ini mengusung tema “Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri”. Hal ini berangkat dari kondisi sistem sosial kemasyarakatan saat ini yang tidak bisa lepas dari teknologi terkait lingkungan antariksa, seperti teknologi komunikasi satelit dan navigasi berbasis satelit, serta teknologi lainnya. Selain itu, belum adanya mitigasi terhadap potensi bencana dari antariksa baik berupa benda jatuh antariksa buatan (sampah antariksa) maupun benda jatuh antariksa alamiah (ancaman asteroid).

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin membuka secara resmi kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Keantariksaan yang jatuh pada 6 Agustus dan HUT LAPAN ke-53. Kegiatan diawali kampanye malam langit gelap, dan beberapa kegiatan perlombaan yang menjadi rangkaian sosialisasi LAPAN. Tujuan rangkaian tersebut untuk mendorong interaksi aktif komunitas Iptek penerbangan dan antariksa. "Sains tidak bisa secara langsung diaplikasikan namun banyak yang sudah mengambil manfaat yang mencerdaskan. Kegiatan seperti ini menjadi salah satu sarana untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat berkontribusi dalam mendorong kemajuan sains antariksa," ujarnya. 

Diharapkan, SNSA kali ini berkontribusi pada percepatan pembangunan nasional sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri, maju, dan kuat di bidang sains dan teknologi keantariksaan. Sebagaimana laporan Koordinator Kegiatan, Sri Ekawati, peningkatan peran sains antariksa sangat diperlukan untuk mewujudkannya. Hal tersebut untuk mengimplementasikan Undang-Undang RI Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan.

Seminar menginformasikan tema bahasan, seperti astronomi dan astrofisika; dinamika lingkungan antariksa : matahari, magnetosfer, ionosfer, dan benda jatuh antariksa; dampak cuaca antariksa terhadap lingkungan bumi; cuaca antariksa untuk telekomunikasi dan navigasi; interaksi antariksa-atmosfer; interaksi magnetosfer-ionosfer-litosfer; pengembangan sistem dan teknologi pemantauan antariksa; pemodelan dan aplikasi sains antariksa; serta sistem informasi dan pengelolaan data cuaca antariksa.

Materi-materi tersebut dipaparkan antara lain oleh Dr. Hakim Luthfi Malasan (ITB), Dr. Jaya Murjaya (BMKG), Dr. Mokhamad Nur Cahyadi (ITS), dan Abdul Karim (LAPAN) yang dipandu oleh Timbul Manik. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi poster dan oral yang dipandu oleh Dr. Emanuel Sungging M. dan Septi Perwitasari. 

Dalam sesi penutup, Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono berharap acara tersebut bermanfaat untuk publik, sehingga dapat ditingkatkan kembali potensi pembahasannya untuk penyelenggaraan berikutnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL