Kompetensi Utama

Layanan


SMA Oikoumene Manokwari Kunjungi LAPAN Biak
Penulis Berita : Humas/Wawan • Fotografer : Humas/Tommy • 28 Nov 2016 • Dibaca : 30651 x ,

Siswa dan Guru SMA Oikoumene berfoto bersama Kepala Balai LAPAN Biak saat kunjungan belajar

Senin (28/11), sejumlah siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam SMA Yayasan Pendidikan Kristen Oikoumene, Manukwari, Papua Barat mengunjungi Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa, dan Atmosfer dan Penginderaan Jauh (BKSPAAPJ) LAPAN Biak. Kunjungan tersebut sebagai sarana salah satu program pembelajaran, khususnya mata pelajaran geografi dan astronomi. Para guru yang mendampingi kegiatan berharap agar siswanya dapat mempelajari lebih mendalam tentang pengamatan antariksa dan pengelolaan data Penginderaan Jauh di LAPAN. 

Kegiatan berlangsung di Gedung Educatin Center LAPAN Biak. Di tempat ini, peserta memperoleh wawasan tentang profil LAPAN yang dipaparkan Kepala BKSPAAPJ LAPAN Biak, Marwoto. Selain Biak, Marwoto menjelaskan, LAPAN memiliki beberapa pusat penelitian dan balai yang tersebar di seluruh Indonesia. Masing-masing memiliki fokus penelitian dengan fasilitas laboratorium dan produk yang berbeda. 

Pengenalan aplikasi inderaja untuk pengamatan laut, pesisir, dan pulau kecil disampaikan Daniel Sande Bona. Ia mengenalkan data satelit penginderaan jauh mulai dari konsep penginderaan jauh, jenis-jenis data satelit penginderaan jauh, serta pemanfatannya. Dipaparkan juga contoh–contoh hasil pemanfaatan data inderaja untuk berbagai aplikasi, seperti Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), transportasi laut, pencemaran laut mangrove, dan terumbu karang.

Dipaparkan juga terkait benda antariksa dan pemanfaatan sumber daya antariksa oleh Rohmat Yulianto. Ia menerangkan gambaran tentang antariksa, mulai dari sejarah, sistem edaran, berikut benda-benda luar angkasa hingga planet-planet yang ada di galaksi. Dalam paparannya, Rohmat menjelaskan lapisan-lapisan atmosfer, hubungan atmosfer dengan bumi, dan juga dampak lingkungan atmosfer yang mempengaruhi cuaca dan iklim di bumi. Untuk melakukan pemantauan tersebut, LAPAN memiliki fasilitas peralatan yang digunakan secara rutin untuk pengamatan di beberapa stasiun pengamat yang berlokasi di beberapa daerah. 

Saking tertariknya untuk menggali lebih mendalam lagi tentang benda-benda yang ada di tata surya, para siswa mengajukan berbagai pertanyaan, antara lain tentang bagaimana terjadinya aurora dari tayangan video LAPAN. Rasa ingin tahu para siswa ini tertebus ketika sesi berikutnya mereka mendapat kesempatan mengunjungi berbagai fasilitas pengamatan yang ada di LAPAN Biak.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL