Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Aktifkan Tim Tanggap Darurat Gempa Aceh
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Dok. Pusfatja • 08 Dec 2016 • Dibaca : 21705 x ,

Data satelit Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

LAPAN telah mengaktifkan tim tanggap darurat untuk mendukung penanganan gempa di Aceh. Dukungan tersebut berupa penyediaan citra satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi baik sebelum bencana maupun setelah bencana.

Saat ini, LAPAN telah menyediakan citra satelit sebelum bencana di Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya. Citra tersebut bermanfaat bagi kebutuhan penanganan bencana seperti evakuasi, penyaluran distribusi logistik, dan rehabilitasi wilayah. Data citra tersebut diperoleh dari satelit SPOT-6 pada 10 September 2016 di lokasi episentrum gempa dengan radius setiap satu hingga lima kilometer. Data yang diperoleh dari satelit ini dapat diakses di http://pusfatja.lapan.go.id/index.php/tanggapbencana.

Saat ini International Disaster Charter (IDC) telah berhasil diaktivasi dengan call nomor 595. Dengan aktivasi IDC ini, LAPAN mengupayakan untuk memperoleh data citra satelit setelah bencana. Data setelah bencana ini diperlukan antara lain untuk mengetahui dampak kerusakan dari bencana tersebut. Selain itu, LAPAN juga mengumpulkan citra satelit resolusi sangat tinggi dan memanfaatkan fasilitas komunikasi radio amatir via satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari.




Data citra satelit di lokasi episentrum gempa dengan terdampak radius lima kilometer, yang diperoleh pada 10 September 2016.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL