Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Pamerkan Hasil Penelitian di Bidang Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sgd • 08 Dec 2016 • Dibaca : 26774 x ,

Kepala Subbagian Publikasi dan Informasi Publik LAPAN, Mega Mardita memberi penjelasan kepada mahasiswa yang berkunjung dan antusias terhadap sejarah peroketan di gerai pameran LAPAN

LAPAN mengikuti pameran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian rapat koordinasi (rakor) lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada 6 hingga 7 Desember 2016 di Hotel Millenium Jakarta. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta Universitas Gunadarma.

Rakor tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mendalami berbagai regulasi baru terkait kegiatan penelitian di Indonesia. Hal tersebut disebabkan, inovasi merupakan salah satu pengukur daya saing bangsa yang dihasilkan dari riset.
Sementara itu, pameran diselenggarakan untuk menyebarluaskan informasi mengenai berbagai hasil keluaran penelitian yang telah dilakukan kementerian, lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, dan kalangan industri.

Dalam pameran tersebut LAPAN menampilkan berbagai hasil penelitian di bidang penerbangan dan antariksa antara lain pesawat tanpa awak atau Lapan Surveillance UAV (LSU). LAPAN mengembangkan pesawat tanpa awak mulai dari serial 01 sampai 05. Pesawat tersebut telah diaplikasikan di berbagai bidang seperti kebencanaan, pertanian, pemetaan, dan pemantauan garis pantai. Untuk mendukung program kemaritiman nasional, LSU Lapan juga dapat digunakan untuk mengawasi wilayah perairan Indonesia dari praktik illegal fishing.

Selanjutnya, LAPAN juga telah mengembangkan satelit dari LAPAN-TUBSat, LAPAN A2/LAPAN-Orari dan LAPANA3/LAPAN-IPB. Ketiga satelit tersebut telah diluncurkan ke luar angkasa.

Satelit pertama, LAPAN-TUBsat, diluncurkan pada 2007. LAPAN A2/LAPAN-Orari diluncurkan pada September 2015 dengan membawa misi komunikasi radio amatir, pematauan kapal, serta pemantauan wilayah tanah air.

Sementara itu Satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB membawa misi pemantauan lahan pertanian, pemantauan kapal, pengukuran medan magnet bumi, dan eksperimen terkait uji sensor bintang untuk mengarahkan sikap satelit dan pengendalian satelit.
Pameran diikuti oleh kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, perguruan tinggi, dan kalangan industri.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL