Kompetensi Utama

Layanan


Gempa Aceh : Satelit LAPAN Dikerahkan untuk Cari Korban Gempa Aceh
Penulis : Galang Aji Putro • Media : Detik.com • 09 Dec 2016 • Dibaca : 21113 x ,

Jakarta - Pencarian korban terdampak gempa Aceh juga bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dengan memanfaatkan satelit, Lapan bisa memetakan objek-objek yang berada di 1 meter di atas tanah.

"Kami bersama LAPAN menurunkan tim untuk kaji cepat dengan memanfaatkan satelit resolusi tinggi, objek 1 meter di atas tanah bisa kita petakan," ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (8/12/2016).

Penggunaan satelit itu untuk membantu pencarian korban. Sejauh ini, Sutopo mengatakan ada 102 korban meninggal yang telah ditemukan, tetapi bisa saja jumlah itu bertambah.

"Kemungkinan korban bertambah, berapa banyaknya belum tahu. Ada beberapa pelaksanaan penanggulangan, salah satunya kaji cepat untuk melakukan pemetaan," ujarnya.

Berbagai bantuan dari kementerian dan lembaga terkait pun terus mengalir. Kebutuhan akan alat berat diperlukan untuk mengangkat puing-puing bangunan roboh.

Selain itu, posko-posko terpadu untuk para pengungsi juga dibutuhkan. Bantuan makanan, selimut, air bersih, dan listrik sangat dibutuhkan pengungsi yang berjumlah ribuan jiwa.



Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3366296/satelit-lapan-dikerahkan-untuk-cari-korban-gempa-aceh








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL