Kompetensi Utama

Layanan


Akan Memasang Alat Pendeteksi Ikan
Penulis : isl/keg • Media : radar kaltara • 10 Dec 2016 • Dibaca : 5862 x ,



PROKAL.CO, KEPALA Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltara, Amir Bakrie mengungkapkan, rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) untuk memasang alat pendeteksi ikan sejauh ini masih akan menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Wacana tersebut, kata pria yang akrab disapa Amir ini, rencana pemasangan alat tersebut nantinya akan disebar di beberapa titik. Namun sudah ada 5 titik yang bakal dilirik. Di antaranya, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan.

Dari 5 titik itu, DKP rencananya akan memasang 1 lokasi terlebih dahulu yakni di perairan Sebatik. Mengingat anggaran yang dimiliki sangat terbatas.

“Untuk tahun depan di Sebatik saja dulu, anggarannya juga kecil hanya ratusan juta saja,” jelasnya saat ditemui Radar Kaltara (Radar Tarakan Group) di gedung Serbaguna Kantor Gubernur Kaltara, Jumat (9/12).

Pemasangan alat media elektronik running teks tersebut nantinya akan bekerjasama dengan lembaga penerbangan antariksa nasional (Lapan) Jakarta. “Karena ini (running teks, Red.) nanti informasinya sistem online, dan terakses dengan kementerian,” imbuh dia.

Upaya tersebut, kata dia, untuk memudahkan nalayan dalam melakukan aktivitasnya. Dengan terpasangnya alat tersebut, nelayan dapat mengakses informasi jenis, dan pola imigrasi ikan. Termasuk ketinggian gelombang dan arus.

Sehingga, dengan upaya tersebut, nlayan dapat dapat menimalisir biaya operasional dalam menangkap ikan yang sejauh ini dilakukan hanya dengan berbekal pengalaman serta kemampuan alamiah nelayan.

“Kalau nelayan punya data bisa tahu dimana ikan, jadi tidak perlu jauh-jauh mengeluarkan dana yang besar,” sebutnya.

Selain alat pendeteksi, DKP juga berupaya memberdayakan potensi nelayan tradisional dengan memberikan bantuan peralatan penunjang. Mengingat sejauh ini keberadaanya masih banyak ditemukan di wilayah provinsi ke-34 ini dengan seadanya.

“Seperti mesin genset untuk nelayan bagang, mesin ketinting nelayan sungai,” bebernya.

Bahkan, bentuk keseriusan memaksimalkan potensi sumber daya alam (SDA) bidang kelautan di Kaltara. Pemprov Kaltara menyusun kajian bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Saya kurang hapal hasil kajiannya itu, yang jelas jenis ikan tertentu dalam kajian itu sudah ada spot-nya,” pungkasnya.



Sumber : http://kaltara.prokal.co/read/news/8371-akan-memasang-alat-pendeteksi-ikan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL