Kompetensi Utama

Layanan


Sekretaris Utama Paparkan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi LAPAN
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : SDM • 19 Dec 2016 • Dibaca : 2242 x ,

Sekretaris Utama LAPAN saat menyampaikan sosialisasi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi

LAPAN menyelenggarakan bimbingan teknis quantum excellent pada Senin (19/12) di Balai Pertemuan Dirgantara Kantor Pusat LAPAN, Jakarta. Dalam kesempatan ini, Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo menyampaikan sosialisasi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi kepada segenap karyawan LAPAN yang hadir. 

Dalam paparannya, Arisdiyo menyampaikan hal-hal mendasar yang sudah baik seperti manajemen perubahan dikelola secara baik melalui pembentukan tim reformasi birokrasi internal dan agen perubahan. Pemilihannya ditentukan pimpinan unit organisasi berdasarkan mekanisme yang jelas. Masing-masing kelompok kerja dalam Tim Reformasi Birokrasi telah memiliki rencana kerja dan rencana aksi sebagai panduan dalam melaksanakan agenda-agenda perubahan. 

Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi telah dilakukan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya tahapan kegiatan penilaian yang melibatkan seluruh kelompok kerja dan unit untuk terlibat dalam menilai kemajuan reformasi birokrasi LAPAN. Keterlibatan pimpinan untuk terus menginternalisasikan Reformasi Birokrasi telah terlihat, di antaranya melalui sosialisasi terus menerus tentang nilai-nilai organisasi LAPAN, dan menyerukan keterlibatan seluruh pegawai dalam mendukung dan mengawal pelaksanaan Reformasi Birokrasi LAPAN.

Arisdiyo juga menyebutkan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Perlu adanya peningkatan kualitas penyusunan roadmap dan quick wins reformasi birokrasi LAPAN dengan melibatkan seluruh unit organisasi. Sehingga agenda reformasi birokrasi yang disusun dalam roadmap dan quick wins menggambarkan kebutuhan seluruh unit organisasi di LAPAN. Selanjutnya, LAPAN juga harus meningkatkan efektivitas kerja agen perubahan dengan meminta setiap agen perubahan menyusun sasaran perubahan yang ingin dicapai serta strategi yang perlu dilakukan untuk merealisasikan sasaran tersebut.

LAPAN sudah meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan adanya standar pelayanan untuk setiap satuan kerja dan jenis layanan yang dimaklumatkan yang dilengkapi Standard Operating Procedure (SOP). Layanan tersebut mudah diakses masyarakat melalui berbagai aplikasi secara online. LAPAN juga telah memiliki unit pengelola pengaduan (PPID) yang mengacu pada prosedur mutu ISO 9001-2015. Di mana setiap pengaduan yang masuk dikelola dan didukung oleh setiap Satker sesuai manajamen mutu. 

Selanjutnya, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan telah dilakukan peningkatan dan perbaikan terus menerus terhadap sistem pelayanan online dengan mengelola sistem secara terintegrasi pada website LAPAN. LAPAN mendapatkan sertifikasi ISO 20000 terkait dengan Layanan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) lingkup Network Operation Center (NOC). Sementara ini hanya 2 yang tersertifikasi untuk lingkungan instansi pemerintah, yaitu Kementerian Keuangan & LAPAN. Sedangkan untuk LPSE, LAPAN telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 tentang Kemanan Informasi. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL