Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Hasil Litbang dan Kegiatan Edukasi Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/Spr • Fotografer : Humas/Spr • 19 Dec 2016 • Dibaca : 14108 x ,

Kepala Bagian Humas memaparkan program Komurindo-Kombat di hadapan mahasiswa UNTAN

Jumat (16/12), LAPAN menyelenggarakan kegiatan sosialisasi hasil litbang di hadapan mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) Kampus UNTAN, Pontianak, Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah mahasiswa dan dosen pendamping dari UNTAN dan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Mereka menyimak pemaparan tentang hasil litbang LAPAN, program dan kegiatan edukasi keantariksaan LAPAN, dan rencana seleksi Komurindo-Kombat 2017 di Pontianak.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Teknik Elektro UNTAN, Dr. Bomo Wibowo Sanjaya berharapo agar peserta dapat menyerap seluruh materi yang diberikan sebagai pengembangan wawasan ilmu pengetahuanIa juga berharap, pihaknya dapat memanfaatkan data-data riset LAPAN sebagai bahan dalam pembelajaran mahasiswanya. Untuk itu, ia menginginkan agar jalinan dengan LAPAN dapat diseriusi dengan kerja sama, salah satunya bidang penelitian.

Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) LAPAN Pontianak, Muzirwan menyambut dengan pengenalan BPAA LAPAN Pontianak yang saat ini dipercayakan sebagai front office untuk menerapkan pemanfaatan hasil-hasil litbang LAPAN kepada stakeholder di wilayah Pontianak. “Untuk keperluan data antariksa dan atmosfer, kami siap melayani! Silakan berkunjung ke kantor kami,” ungkapnya. 

Balai ini kini telah membentuk beberapa sistem dan aplikasi hasil perekayasaan serta penelitian dan pengembangan. Gunanya untuk memberikan informasi dini tentang cuaca ekstrim dan cuaca antariksa melalui sistem informasi bernama Satellite Disaster Early Warning System (SADEWA), Sistem Embaran Maritim (SEMAR), Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia (SRIKANDI) dan Space Weather Information And Forecast Services (SWIFTS). 

Rangkaian sosialisasi disampaikan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto. Ia menyampaikan hasil riset LAPAN dari seluruh bidang penelitian. Untuk mendekatkan LAPAN kepada peserta, ia menjelaskan sejarah terbentuknya LAPAN. Selanjutnya dipaparkan bidang-bidang riset LAPAN yang dikelompokkan dalam empat kompetensi utama LAPAN, sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan teknologi, penginderaan jauh, dan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa.

Menurutnya, sosialisasi LAPAN merupakan rangkaian program yang dilaksanakan secara terus menerus untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mencintai bidang keantariksaan. LAPAN, merupakan satu-satunya lembaga pemerintah di Indonesia yang berwenang mengembangkan penelitian penerbangan dan antariksa. “Negara dapat dibilang maju jika penelitian keantariksaannya berhasil. Semoga mahasiswa di Pontianak ini dapat memanfaatkannya salah satunya dengan menjalin kerja sama penelitian untuk melakukan pengembangan yang lebih nyata,” harapnya.

Jasyanto juga mengenalkan salah satu program edukasi keantariksan LAPAN yang diselenggarakan rutin setiap tahun, yaitu Komurindo – Kombat. Dalam ajang ini, mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan. Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. 

Kegiatan tersebut diharap dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Sekaligus, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket. Ajang tersebut diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. “Silakan buat proposalnya dan bentuk tim work tahun 2016 maksimal 4 untuk diusulkan ke LAPAN dalam penyelenggaraan kompetisi pada tahun 2017,” tuturnya memberi peluang. Ia mengimbuhkan, informasi terkait kompetisi tersebut dapat diakses di www.lapan.go.id. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL