Kompetensi Utama

Layanan


Jejak Lapan Menguasai Teknologi Satelit
Penulis : Amal Nur Ngazis • Media : Viva.co.id • 10 Jan 2017 • Dibaca : 20585 x ,

VIVA.co.id – Hari ini 10 tahun lalu, Lembaga Penerbangan Antariksa atau Lapan menapaki jejak penting dan melahirkan sejarah baru.

Satu dekade lalu, Lapan memulai tahap penguasaan teknologi satelit dengan meluncurkan satelit Lapan A1. Setelah berhasil meluncurkan satelit pada 2007, kemudian Lapan meluncurkan satelit Lapan A2 pada 2012 dan satelit Lapan A3 pada 2016. Selain meluncurkan satelit, Lapan juga memiliki fasilitas pembuatan satelit yang ada di Bogor.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan pencapaian itu, meyakinkan bahwa secara sumber daya manusia, Indonesia punya kemampuan mengembangkan teknologi tinggi.

"Teknologi antariksa menjadi salah satu teknologi maka kini dan masa depan yang mutlak kita kuasai. Dengan keterbatasan SDM dan anggaran, Lapan terus berupaya untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri," ujar Thomas dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Januari 2017.

Jejak Lapan dalam penguasaan teknologi satelit dimulai dengan satelit Lapan A1. Satelit ini merupakan proyek antara Lapan bersama dengan Technische Universitat Berlin (TUB) Berlin, Jerman. Pembuatan satelit ini memang sepenuhnya dilakukan di Jerman, sebab saat itu Lapan belum memiliki fasilitas dan peralatan untuk membuat satelit.

Kerja sama ini bertujuan mempelajari basis pembuatan satelit dari Jerman.

"Lapan melakukan terobosan degan mengirim balasan peneliti dan perekayasa ke Technische Universitat Berlin (TUB) Berlin, Jerman, untuk dibimbing membuat satelit. Alhamdulillah berhasil dibuat dan diluncurkan di India 10 Januari 2007," ujar dia.
Berhasil meluncurkan satelit Lapan A1, kemudian perekayasa dan peneliti jebolan 'kursus' di Jerman itu mengembangkan fasilitas pembuatan satelit di Rancabungur, Bogor yang saat ini menjadi Pusat Teknologi Satelit Lapan.

Dari pusat tersebut, Lapan berhasil 'melahirkan' dua satelit, yaitu Lapan A2 yang diluncurkan pada 2012 dan Lapan A3 yang diluncurkan pada 2016.

"Sekarang sudah disiapkan satelit Lapan A4 yang ditargetkan diluncurkan pada 2018/2019. Sedangkan Lapan A5 ditargetkan diluncurkan pada 2020," ujar profesor riset astronomi dan astrofisika Lapan tersebut.

Semua satelit dengan seri A tersebut merupakan kategori satelit eksperimen. Tingkat selanjutnya setelah satelit eksperimen yaitu satelit operasional. Setelah nantinya sudah merilis satelit seri A tersebut, nantinya Lapan akan memasuki satelit operasional.






Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/868872-jejak-lapan-menguasai-teknologi-satelit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL