Kompetensi Utama

Layanan


Hughesnet China Tawarkan Kerja Sama Pembangunan Satelit Komunikasi
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/Zk • 17 Jan 2017 • Dibaca : 17857 x ,

Foto bersama Kepala LAPAN dan jajaran denganpihak Hugeshnet China dalam rangka penjajakan kerja sama

Hughes China Group mengunjungi Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, Selasa (17/1), guna membahas konsorsium pemanfaatan dan pembangunan bidang satelit. Kunjungannya adalah untuk memaparkan kemampuan Ka High Throughput Satellite (KaHTS) dan membicarakan rencana kerja sama tentang peluncuran satelit untuk ASEAN dan layanan satelit milik Indonesia. 

Adapun satelit tersebut diberi nama Satelit Jupiter yang rencana pembangunannya akan dimulai Desember 2017. Satelit tersebut dijadwalkan meluncur akhir 2019 pada orbit GSO. Sehingga Satelit Jupiter dapat mencakup wilayah yang sangat luas. Dalam upaya menyukseskan pembangunannya, untuk itu perusahaan perwakilan HughesNet China tersebut menawarkan kerja sama ke beberapa negara di kawasan Asia Pasifik, yaitu Papua Nugini, Malaysia, Pilipina, Mongolia, dan Vietnam, termasuk Indonesia. 

Terhadap tawaran tersebut, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menjelaskan, karena melibatkan beberapa institusi, maka kerja sama ini harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Hal tersebut menyangkut perizinan penggunaan frekuensi dan penentuan slot orbit satelit. Sementara LAPAN mendukung sisi aspek teknologi dan penyiapan tenaga ahli. Hal ini sesuai dengan amanah UU Keantariksaan Nomor 21 Tahun 2013. Selain itu, kerja sama ini merujuk pada naskah kerja sama yang pernah ditandatangani Menristek dengan pihak China tahun 2014, terkait transfer teknologi. 

Dari aspek bisnis, pihak HughesNet juga menawarkan kerja sama ke pihak Telkom Indonesia. Hasil pertemuan kali ini akan ditindaklanjuti dengan lebih mendetail lagi untuk membahas secara teknis terkait bidang-bidang apa saja dan sejauh mana keterlibatan peneliti LAPAN dalam tawaran kerja sama ini. 

Sebagaimana diketahui, Hughes Network Systems, LLC (Hughes), merupakan perusahaan terkemuka di dunia sebagai penyedia layanan broadband satelit untuk berbagai keperluan yang telah digunakan lebih dari 100 negara. Perusahaan tersebut mewakili pangsa pasar sekitar 50 persen. Produknya menggunakan standar global yang disetujui oleh TIA, ETSI, dan organisasi ITU, termasuk IPoS / DVB-S2, RSM- A, dan GMR-1. 

Pertemuan dihadiri Kepala LAPAN didampingi Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, dan Kepala Bagian Kerja Sama, Leo Kamilus J.R. Sedangkan dari pihak China diwakili CEO of Hughes China, Michael Sun, GM of China Telco Satellite , Chen Jian Hua, Director of Hughes China, Hadi Hartanto, President Director of WTD, Aking Soedjatmiko, dan Representative of Hughes Indonesia, Ryad Chairil.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL