Kompetensi Utama

Layanan


Titik Api di Indonesia Kini Bisa Dipantau Lewat Aplikasi
Penulis : max/cnn • Media : Riaurealita.com • 25 Jan 2017 • Dibaca : 26344 x ,

JAKARTA - Tanpa diketahui banyak orang, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyediakan aplikasi pemantau titik api di Indonesia. Aplikasi itu bernama "LAPAN: Fire Hotspot."

Deputi Penginderaan Jauh LAPAN Orbita Roswintiarti mengungkapkan aplikasi itu mendeteksi potensi titik api secara real time. Menggabungkan peta Google Earth dan sistem deteksi yang dikembangkan sendiri, LAPAN memboyong aplikasi itu ke ponsel sejak pertengahan tahun lalu.

"Saat ini sudah ada di website LAPAN dan Android, untuk di iOS baru tersedia Februari nanti," kata Orbita yang ditemui di markas LAPAN di Pekayon, Jakarta, Selasa (24/1).

Tampilan muka aplikasi LAPAN versi Android terbilang sederhana. Ketika pengguna membukanya, peta Indonesia akan terpampang jelas dengan sejumlah titik berwarna hijau, kuning, hingga merah yang merupakan titik api.

Semakin merah titik yang muncul, makin besar potensi kebakaran yang terjadi. Pengguna juga bisa melihat keberadaan titik api dengan mengklik provinsi yang ingin diketahui.

Dengan mengklik titik tadi akan muncul kotak informasi berisi waktu, lokasi, koordinat, hingga waktu pencatatan titik api. Selain itu ada juga keterangan satelit yang digunakan dan tingkat kepercayaan titik api.

Data yang dihimpun LAPAN tadi terus diperbaharui tiap 24 dan 48 jam. LAPAN menggunakan data satelit peginderaan jauh Terra, Aqua, dan SNPP. Data tersebut diterima di Stasiun Bumi LAPAN yang terletak di Parepare, Sulawesi Selatan, dan di Rumpin, Bogor, dan diolah sebelum akhirnya ditransmisikan ke server pusat.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk bertindak tegas mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini.

Pasalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi 2017 bakal lebih kering dibanding tahun lalu terutama di daerah rawan seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Papua. (max/cnn)




Sumber : http://riaurealita.com/mobile/detailberita/5226/titik-api-di-indonesia-kini-bisa-dipantau-lewat-aplikasi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL