Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Serahkan Data Satelit Penginderaan Jauh Kepada Pemerintah
Penulis : G. Suranto • Media : infopublik.id • 25 Jan 2017 • Dibaca : 20027 x ,

Jakarta, InfoPublik - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyerahkan data satelit penginderaan jauh kepada kementerian/lembaga dan Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP) kepada pemerintah provinsi.

“Penyerahan data satelit penginderaan jauh dan pemantauan bumi ini, untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi penginderaan jauh bagi para pemangku kepentingan dan pengguna,” kata Kepala Lapan Thomas Djamaludin pada acara penyerahan data satelit penginderaan jauh dan sistem pemantauan bumi provinsi di Gedung Indriya Bhuwana, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Jalan Lapan Nomor 70 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (24/1).

Disebutkan, data yang diserahkan kali ini adalah data satelit penginderaann jauh resolusi sangat tinggi, data resolusi tinggi SPOT-6/7, mosaic data landsat-8, mosaic data SPOT-6/7 terbaru, serta prototype SPBP.

“Data satelit penginderaan jauh diserahkan kepada 32 instansi dan sejumlah 19 pemerintah provinsi menerima protype SPBP,” paparnya.

Menurutnya serah terima data satelit penginderaan jauh (resolusi spasial menengah dan tinggi) sudah dilakukan Lapan sejak 2014. Pemanfaatan data satelit penginderaan jauh sudah menjadi keharusan di wilayah Indonesia, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan, dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi, serta UU RI Nomor 21 tahun 2013 tentang keantariksaan.

“Lapan wajib menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia,” imbuhnya.

Untuk itu, kata dia, Lapan wajib membangun dan mengoperasikan stasiun bumi untuk perolehan data, melaksanakan pengadaan data penginderaan jauh resolusi tinggi untuk instansi pemerintah dan pemerintah daerah, menetapkan metode dan kualitas pengolahan data penginderaan jauh, menyelenggarakan penyimpanan dan pendistribusian data melalui bank data penginderaan jauh nasional, dan menetapkan pedoman pemanfaatan data dan diseminasi informasi penginderaan jauh.

Ia menambahkan, sampai saat ini, Lapan telah menjalin kerjasama bidang penginderaan jauh dengan sejumlah kementerian, dan 19 pemerintah provinsi antara lain Provinsi Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Barat, JawaTengah, DI Yogjakarta, Kalimantan Barat, Kelimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, NTB, dan NTT. “Tahun 2017 ini, 10 daerah akan dilakukan sosialisasi,” ungkapnya.



Sumber : http://infopublik.id/read/186711/lapan-serahkan-data-satelit-penginderaan-jauh-kepada-pemerintah.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL