Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Operasikan Tiga Stasiun Bumi Untuk Terima Citra Penginderaan Jauh Satelit
Penulis : G. Suranto • Media : infopublik.id • 25 Jan 2017 • Dibaca : 22114 x ,

Jakarta, InfoPublik - Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengoperasikan tiga stasiun bumi untuk menerima berbagai jenis data/citra penginderaan jauh satelit, dari data satelit penginderaan jauh resolusi rendah, menengah hingga tinggi.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaludin mengatakan, tiga stasiun bumi tersebut adalah di Parepare, Sulawesi Selatan, Rumpin Bogor, dan di Jakarta. “Data yang diterima oleh stasiun bumi LAPAN antara lain data satelit SPOT-6 dan 7 (resolusi tinggi), Landsat-7 dan 8 (resolusi menengah), Terra/Aqua Modis, SNPP, NOAA-18/19, METOp, dan Himawari-8 (resolusi rendah),” paparnya di LAPAN Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (24/1).

Disebutkan, dengan adanya stasiun bumi penginderaan jauh di Parepare dan Rumpin, seluruh wilayah Indonesia dapat tercakup sesuai jangkauan dari antena bumi. Stasiun bumi Parepare mampu mencakup wilayah timur hingga barat Indonesia, namun tidak sampai wilayah Aceh.

Oleh karena itu, kata dia, stasiun bumi di Rumpin dibangun untuk mencakup wilayah Aceh dan sekitarnya. “Dengan demikian, LAPAN mampu melakukan penerimaan data citra seluruh wilayah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pengguna,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sistem pengelolaan data penginderaan jauh tersebut adalah data-data yang diakusisi di stasiun bumi LAPAN maupun yang disediakan melalui pembelian data disimpan di data center Pustekdata.

Dalam pasal 20 ayat 1 UU No. 21 Tahun 2013, disebutkan bahwa lembaga menyelenggarakan penyimpanan dan pendistribusian data melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) sebagai simpul jaringan data penginderaan jauh dalam sistem jaringan data spasial nasional.

Untuk melaksanakan fungsi BDPJN, Pustekdata terus meningkatkan kapasitas penyimpanan data, kecepatan jaringan komunikasi data, integrasi sistem backup dan archiving, otomatisasi tranfer data dari stasiun bumi ke data center di Jakarta, serta mengembangkan sistem katalog data penginderaan jauh online.

Sistem katalog data penginderaan jauh terintegrasi ini dibangun dan dikembangkan dengan tujuan memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian, visualisasi data, pemesanan dan pengunduhan data penginderaan jauh yang dimiliki LAPAN.

Sistem katalog terdiri dari dua proses front-end dan back-end. Proses front-end digunakan untuk menangani interaksi dengan pengguna, sementara proses back-end merupakan proses untuk memproduksi data, sehingga dapat ditampilkan dalam sistem katalog.

Katalog data penginderaan jauh lapan ini menampung berbagai jenis data penginderan jauh dari resolusi rendah, menengah hingga tinggi, dengan cakupan meliputi seluruh wilayah Indonesia.




Sumber : http://infopublik.id/read/186761/lapan-operasikan-tiga-stasiun-bumi-untuk-terima-citra-penginderaan-jauh-satelit.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL