Kompetensi Utama

Layanan


Setujui Permintaan Wawali Manado, Peta Citra Satelit LAPAN Terakses di Cerdas Command Center
Penulis : Franky Mokodompis • Media : manadokota.go.id • 02 Feb 2017 • Dibaca : 18697 x ,

Duet pemimpin cerdas, Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, tak hanya memberikan motivasi dan arahan kepada jajaran Perangkat Daerah untuk terus berinovasi. Secara langsung kedua pemimpin ibukota Sulawesi Utara ini secara kontinyu memimpin koordinasi dengan berbagai instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah lainnya mewujudkan Manado Smart City yang berdampak pada peningkatan layanan publik.

Setelah Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengajak beberapa tamu penting Pemerintah Kota Manado berdiskusi di Cerdas Command Center Senin 30/01 tentang ekspektasi tokoh masyarakat terhadap peningkatan layanan publik, Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan, Selasa 31/01 kemarin melakukan kunjungan ke Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kunjungan Tim Pemkot Manado yang terdiri dari awali, Kabid Aptika, Meyliana M. Hompas, ST (Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado, Maxi W. Solang, ST (Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado), dan Analis System Cerdas Command Center, Bobby Najoan, diterima oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc didampingi Kepala Pusat Teknologi dan Data, Ir. Dedi Irawadi dan Kepala Bidang Desiminasi Pustekdata, Ir. Rubini Jusuf, M.Si

Menurut Deputi Bidang Peninderaan Jarak Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekda) pada dasarnya wajib menyiapkan data penginderaan jauh kepada daerah. Pustekda memiliki data statik yang diupdate setiap tahun misalkan data mozaik (data bebas awan), data yang resolusi menengah dan resolusi tinggi. Juga data yang dinamis yg bisa diupdate setiap hari misalkan data zona potensi penangkapan ikan (nelayan sudah tidak tidak mencari ikan lagi tetapi nelayan akan menangkap ikan berdasarkan zonasi yang di tangkap melalui citra satelit). "Kita menyiapkan sistem yang bisa merewarning hujan yang turun setiap 10 menit yang bisa diakses ke android dengan hanya menggunakan data hospot dari LAPAN. Kami di Pustekdata akan membangun koneksi server to server data dengan data center kota manado agar data bisa diupdate setiap waktu. Kotnektivitas dapat dilakukan dengan fiber point to point atau juga dengan system cloud. Pustekdata siap membantu pemerintah Kota Manado melalui data system pemantaun bumi. Apabila server to server telah terkonek dengan pemkot manado, maka manado adalah satu-satunya pemerintah kab/kota yang telah terhubung dengan Pustekdata Lapan."

Sementara itu, Kepala Pustekdata LAPAN, Ir. Deddy Irawadi mengemukakan bahwa Pustekda akan membantu pemerintah kota manado dengan memberikan data peta dasar (base map) yang bisa dugunakan, agar bila terjadi perubahan terhadap permukaan bumi di kota manado segera bisa diketahui melalui gambar/foto yang diambil melalui peta citra. Pemerintah juga dapat mengembangkan peta tersebut dengan membuat peta garis untuk membatasai batas2 kecamatan/kelurahan. Sekaligus pemerintah juga dapat mengidentifikasi perubahan lahan menjadi perumahan atau bangunan2 setiap bulan ataupun tahun pada akhirnya pemerintah dapat memonitor dilahan2 mana saja yang telah beralih fungsi atau juga telah ada bangunan baru yang belum dilapor.

Wakil Walikota, Mor Dominus Bastiaan dalam kunjungannya memberikan penjelasan seputar upaya Pemerintah Kota Manado membangun Data Center dan Command Center yang rencananya akan terintegrasi."Data-data yang kami minta di seluruh Perangkat Daerah akan segera diolah dan ditampilkan di command center. Data tersebut akan di olah oleh ASN yang kapabel dan mereka pernah ikut Bimtek di Pustekdata. Banyak data yang akan dikelola menggunakan peta citra yang ada di pustekdata, termasuk data perijinan, pajak dan pertanahan, potensi banjir dan gempa.

Dalam rangka mendukung terintegrasinya data melalui Sistem Informasi Data Spasial yang akan segera kami dibuat. Kami perlu memiliki data Sistem Informasi Geografi (GIS) yang di peroleh di Badan Informasi Geospasial (BIG) dan data citra satelit penginderaan jauh yang diperoleh dari Pustekdata LAPAN. Data citra satelit penginderaan jauh LAPAN kami akan gunakan untuk mendukung monitoring dan pembaruan data di Sistem Informasi Data Spasial Kota Manado, baik dari segi informasi pembaruan data harian, bulanan, dan tahunan, seperti untuk monitoring kegiatan pembangunan perumahan, jalan, dan lain sebagainya. Ke depan kami nantinya akan dapat memonitor letak dan kedudukan kota berdasarkan data yang bisa dipantau berdasarkan peta citra yang secara update bisa kita peroleh," ujar Wawali Bastiaan.


Sumber : http://manadokota.go.id/detailpost/setujui-permintaan-wawali-manado-peta-citra-satelit-lapan-terakses-di-cerdas-command-center









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL