Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gandeng Digital Globe dan MDA Tingkatkan Kompetensi Pemanfaatan Data Satelit untuk Pembangunan Indonesia di Berbagai Sektor
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 07 Feb 2017 • Dibaca : 26141 x ,

Suasana Diskusi dalam Pembukaan Workshop Penginderaan Jauh di Hotel Shantika, Jakarta

Selasa(7/02), berlangsung pembukaan workshop bertajuk “Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Sangat Tinggi dan Synthetic Apeture Radar (SAR) dalam Mendukung Penataan Ruang, Manajemen Bencana, serta Aplikasi Pesisir dan Laut”. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN, Digital Globe, dan MDA. Workshop berlangsung Selasa-Rabu, 7-8 Februari 2017 dengan lokasi kegiatan di dua tempat, Hotel Santika TMII dan Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Pekayon, Jakarta Timur. 

Hadir sejumlah perwakilan dari Kementrian/Lembaga, Perguruan Tinggi, TNI, Pemerintah Daerah, organisasi kemasyarakatan nasional dan internasional. 

Workshop diselenggarakan sebagai wujud implementasi jalinan kerja sama yang lebih baik lagi antara LAPAN dengan para stakeholder dalam upaya peningkatan pemanfaatan penelitian dan pengembangan data satelit penginderaan jauh resolusi sangat tinggi dan SAR. 

Melalui kegiatan ini akan terjadi pertukaran informasi terkait pemanfaatan data satelit resolusi tinggi dan SAR di Indonesia. Data tersebut mencakup khususnya perencanaan tata ruang, tanggap darurat bencana dan dampak resiko bencana, pemetan batimetri, terumbu karang dan pulau-pulau kecil, deteksi kapal laut, serta pertukaran informasi terkait ketersediaan dan metode pengolahan data satelit resolusi sangat tinggi dan SAR terkini dari Digital Globe dan MDA. Sebagaimana diketahui, Digital Globe dan MDA adalah perusahaan swasta internasional yang bergerak di bidang penginderaan jauh. 

Dalam sambutannya, Senior Director Digital Globe, Mr. Lim Ser Chin mengenalkan produk Digital Globe, sebagai perusahaan satelit optis yang menyediakan citra dasar (basic imagery) serta informasi. Digital Globe juga bergerak dalam industri pertahanan. “kami juga menyediakan high resolution satellite imagery dengan resolusi 1 meter sampai dengan 30 centimeter,” ujarnya. 

Sementara, Pihak MDA mengatakan, MDA sebagai perusahaan bonafit tingkat dunia yang bergerak di bidang layanan jasa dan sistem informasi, pembuat satelit komunikasi, sistem UAV, dan radar. MDA telah aktif membangun kerja sama di kawasan Asia Tenggara dan memiliki stasiun bumi di Bali. “Perusahaan kami telah aktif di Indonesia dalam menyediakan pelayanan kepada kantor-kantor pemerintah dan swasta dengan pengalaman membangun stasiun bumi” imbuhnya.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti mengapresiasi partisipasi peserta workshop yang mewakili seluruh stakeholder. Menurutnya, kewajiban LAPAN dalam menyediakan data resolusi tinggi berawal dari Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012 tentang Pengunaan, Pengendalian, Kualitas, Pengolahan, dan Distribusi Data satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi. Dalam instruksi tersebut, LAPAN mempunyai kewajiban antara lain menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi pemerintah. 

Sebagai tindak lanjut, akan ditetapkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai salah satu turunan dari UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Dengan disahkan PP tersebut, kewajiban LAPAN lebih jelas lagi. Mekanisme diatur dengan tata cara yang lebih jelas lagi melalui penetapan standar kewajiban LAPAN yang harus disampaikan kepada pengguna.

Ia menambahkan, sampai saat ini sudah banyak stakeholder dari beberapa kementerian/lembaga dan organisasi yang mengunakan data penginderaan jauh. “Kami selalu membuka kesempatan dengan para mahasiswa di perguruan tinggi untuk berpartisipasi. Sehingga nantinya bisa bersama-sama diskusi untuk memecahkan berbagai persoalan,” tegasnya. 

Ia berharap pemanfaatan data yang disediakan LAPAN dapat dimanfaatkan. Dengan menjalin kerja sama dengan Digital Globe dan MDA maka LAPAN bisa menambah referensi data inderaja mulai tahun 2013 yang bisa dimanfaatkan pengguna. Harapannya, pada tahun 2017 dapat data inderaja resolusi yang semakin tinggi. Hal ini sangat penting untuk membangun kapasitas di Indonesia di masa mendatang.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL