Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Kategori Baru Komurindo-Kombat 2017 di Sumatera Utara
Penulis Berita : Humas/Riri • Fotografer : Humas/Riri • 13 Feb 2017 • Dibaca : 7851 x ,

Kabid Diseminasi Pustekbang saat memaparkan kegiatan Komurindo-Kombat 2017 di USU

LAPAN mengadakan kegiatan Sosialisasi Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) – Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2017 dalam rangkaian Roadshow putaran ketiga, Senin (13/02), di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Pada kesempatan ini, LAPAN mengenalkan kategori baru dalam kompetisi yang akan digelar tahun ini. 

Sejumlah mahasiswa hadir mengikuti pengenalan rencana kompetisi tersebut. Mereka antara lain mahasiswa dari Institut Teknologi Medan, Politeknik Negeri Medan, STMIK-STIE Mikroskil, dan Universitas Sumatera Utara. Minat tertinggi dari seluruh peserta adalah mahasiswa dari Fakultas Teknik serta Fakultas Matematika dan IPA. Mereka sangat antusias mempelajari teknis dan ketentuan kompetisi yang diselenggarakan LAPAN secara rutin setiap tahun ini. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kealumnian, Prof.Dr.Ir. Rosmayati, M.S, menyambut baik kegiatan tersebut. “Acara ini merupakan momen terbaik bagi USU karena telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi Komurindo-Kombat 2017,” ujarnya yang mengaku terkesan bahwa kegiatan tersebut menjadi ajang promosi juga buat USU. Beliau juga menyampaikan sekilas mengenai Komurindo-Kombat yang ia pahami selama ini. 

Tahun ini, LAPAN memutuskan adanya kategori baru dalam penyelenggaraan Komurindo-Kombat. Adanya penambahan kategori wahana sistem kendali selain kategori muatan roket yang biasa diadakan. Sedangkan Kombat sendiri juga masih menjadi kategori perlombaan yang diselenggarakan sebagai ajang kreativitas para mahasiswa di seluruh Indonesia. 

Secara teknis, Dr. Effendi Dodi A memaparkan terkait sejarahberikut fungsi dan tujuan pembangunan roket. Dilanjutkan dengan pengetahuan mengenai teknologi roket disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan, Agus Bayu Utama. Ia juga menjelaskan rolebook Komurindo. Sedangkan rolebook Kombat secara teknis pelaksanaan dijelaskan oleh Rachmat Sunarya. 

Kepala Bagian Humas LAPAN, Jasyanto memaparkan sejarah perjalanan Komurindo-Kombat dari tahun ke tahun, serta mengenalkan profil LAPAN dan beragam prestasi yang dicapai dalam mengembangkan teknologi penerbangan dan antariksa. Kompetisi tersebut dirintis pertama kalinya tahun 2007, dengan kategori lomba yaitu Komurindo. Adapun Kombat sendiri dirintis sejak 2013. 

“Setiap tahun, jenis kompetisi yang diselenggarakan selalu dikembangkan baik dari sisi tema, misi, dan juga teknologi yang digunakan. Harapan kami, tim dari Sumatera Utara tidak ketinggalan ikut berlomba-komba menyabet gelar Juara dalam perlombaan tersebut nantinya,” harapnya. Dengan makin tingginya partisipasi mahasiswa menyemarakkan kompetisi tersebut, sekaligus menjadi langkah awal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedirgantaraan di Indonesia. Harapannya, setelah lulus kuliah nanti, mereka bisa berkarya mengembangkan potensi di bidang tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL