Kompetensi Utama

Layanan


Sosialisasi Komurindo-Kombat 2017 di Bandung: Kategori Baru Peluang Kreativitas Mahasiswa
Penulis Berita : Humas/Put • Fotografer : Humas/Dul • 16 Feb 2017 • Dibaca : 6114 x ,

Peserta menyimak penjelasan teknis pelaksanaan Komurindo-Kombat 2017

LAPAN kembali menyelenggarakan sosialisasi Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) – Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) dengan lokasi audiens di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Selasa (16/02). Pada rangkaian putaran ke empat kali ini, LAPAN mempresentasikan dengan membuka peluang kategori baru pada perlombaan yang akan dilaksanakan tahun 2017 ini. 

Kegiatan dihadiri para peserta dari tuan rumah sendiri, ITB, dan juga perwakilan dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Telkom, Universitas Indonesia, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Gunadharma, Universitas Trunojoyo Madura, IST Akprind Yogyakarta, dan Universitas Teknokrat Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB, Dr. Eng. Sandro Mihradi mengatakan, “Kegiatan Komurindo-Kombat ini menjadi suatu tantangan bagi mahasiswa untuk mencurahkan ide dan kreativitasnya.” Maka momentum ini menjadi kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk bekerja sama dalam menghasilkan suatu produk. “Harapannya, ke depan nanti kegiatan ini dapat terus berjalan dan semakin baik,” imbuhnya. 

Pemaparan secara umum mengenai kegiatan kompetisi terkait disampaikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto. Menurutnya, kegiatan Ini merupakan rangkaian dari sosialisasi kategori baru Komurindo-Kombat 2017 yang diagendakan di 5 lokasi yang berbeda. “Komurindo-Kombat merupakan bagian dari silaturahmi antara mahasiaswa, dosen, maupun kampus untuk mewujudkan NKRI, mengingat mahasiswa sebagai tulang punggung dari generasi ke depan,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan sosialisasi kali ini diselenggarakan LAPAN dengan kemasan rangkaian roadshow di beberapa kota. Tujuannya, selain untuk mengenalkan kategori baru dalam perlombaan yang dilaksanakan tahun ini, namun juga untuk menjaring minat mahasiswa dengan lebih luas lagi cakupannya. Penambahan kategori tersebut adalah Wahana Sistem Kendali. Dengan adanya kategori tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas para peserta. Sedangkan kategori roket dan muatan balon atmosfer masih menjadi bagian dari kategori perlombaan ini.

Kegiatan diakhiri dengan sesi penjelasan teknis perlombaan. Teknis pelaksanaan Kombat dipresentasikan oleh Ginaldi Ari, perwakilan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Sedangkan kategori yang ada dalam Komurindo dijelaskan oleh Hakiki dan Salman, perwakilan Pusat Teknologi Roket. Pada kesempatan ini, peserta sosialisasi juga memperoleh penjelasan mengenai rolebook dari masing-masing kategori lomba. 

Animo peserta sangat tinggi dengan mengajukan berbagai pertanyaan kritis terkait teknis pelaksanaan lomba. Apalagi, sebagian besar peserta merupakan perwakilan dari kampus-kampus yang pernah menyabet kejuaraan pada periode penyelenggaraan di tahun sebelumnya. Hal ini bisa dijadikan pemacu semangat bagi calon peserta lainnya untuk lebih mengembangkan kreativitasnya mengolah ide dan gagasan baru dalam perlombaan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL