Kompetensi Utama

Layanan


Galaxy Forum ke-2 Sebagai Basis Peningkatan Iptek Penerbangan dan Antariksa Generasi Muda
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sgd • 19 Feb 2017 • Dibaca : 33903 x ,

Peserta Galaxy Forum sedang menyimak pemaparan para narasumber

International Lunar Observatory Association (ILOA), melalui Galaxy Forum South East Asia 2017 diselenggarakan di Among Putro SkyWorld Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (18/02). Untuk Kegiatan kali ini mengangkat tema “Advancing Education, Science & Technology of Astronomy with The Most Current Space Technology for People & Students”.

Pertemuan tersebut berangkat dari pemikiran, bahwa alam semesta diciptakan dalam keadaan yang teratur dan rapi. Keteraturan tersebut dapat dipelajari dengan seksama, seperti gerakan bintang termasuk matahari, planet, satelit, komet, dan benda langit lainnya. Dengan memahaminya, manusia dapat memperkirakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa depan dengan akurat. Kapan terjadi matahari terbenam, kapan terjadi bulan purnama, serta kapan terjadi gerhana matahari dapat dihitung dengan ketelitian tinggi.

Pendidikan antariksa menggunakan media langit (alam semesta) sebagai guru guna memberikan motivasi kepada pelajar. Dari langit, kita tidak hanya mempelajari sains dan matematika, namun dalam hal sejarah, seni, bahasa, dan hampir di semua obyek ilmu pengetahuan berawal dari astronomi.

Galaxy Forum dilakukan rutin untuk mengedukasi masyarakat tentang ilmu astronomi dan sains teknologi ruang angkasa. Dalam pertemuan ke-2 ini, menghadirkan narasumber yaitu President ILOA, Stave Durst, President of the Singapore Space and Technology Association (SSTA), Jonathan Hung, Dr. Pham Tuan Anh (Vietnam National Satellite Center – Vietnam Academy of Science & Technology), dan Rektor ITERA Indonesia, Prof. Ofyar Z. Tamim. Kegiatan dipandu oleh Dr. Hakim Luthfi Malasan (ITB) dan Rektor Ma Chung University, Dr. Chatief Kunjaya.

Dalam kegiatan tersebut, LAPAN menampilkan pameran hasil litbang penerbangan dan antariksa, antara lain informasi tentang Decission Support System (DSS) berbasis sains antariksa, pemantauan sampah antariksa, perencanaan pembangunan oservatorium nasional di Nusa Tenggara Timur, pengembangan teknologi roket sonda, pengembangan pesawat transport dan pemantauan maritim, pengembangan satelit, pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional, dan pengembangan sistem pemantauan bumi nasional.

Selain itu, peralatan pengamatan matahari, seperti teleskop dipamerkan dalam kegiatan tersebut. Dalam stan pameran disajikan pemutaran video proses riset dan hasil litbang LAPAN, berikut bahan informasi lainnya berupa brosur, majalah, dan miniatur produk litbang.

Dalam acara pembukaan, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto, menyerahkan cindera mata berupa buku laporan pemantauan Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 kepada jajaran narasumber dan moderator galaxy forum 2017.

Galaxy forum dihadiri sekitar 250 peserta dari berbagai kalangan mulai dari dosen, guru, mahasiswa, siswa, kumunitas dan sebagainya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL