Kompetensi Utama

Layanan


Pelatihan Ethical Hacking Menuju Pengamanan Data dan Informasi Jaringan TI LAPAN
Penulis Berita : Humas/Addie • Fotografer : Dok. Humas • 22 Feb 2017 • Dibaca : 4467 x ,

Foto bersama seluruh peserta pelatihan Ethical Hacking LAPAN bersama dengan trainer kegiatan

Senin (20/02), LAPAN bekerja sama dengan PT. CNI menyelenggarakan pelatihan Ethical Hacking di Hotel Gino Feruci, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan tersebut untuk memperkuat kemampuan kecakapan (skill), ilmu pengetahuan (knowledge) dan sikap (attitude) dari setiap pelaku Teknologi Informasi (TI) LAPAN, khususnya seluruh pelaku TI di Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan) dan seluruh PIC dari satuan kerja di Lingkungan LAPAN. Pelatihan berlangsung pada tanggal 20-24 Februari 2017.

Melalui kegiatan tersebut, seluruh peserta diharapkan memperoleh pengetahuan lebih terkait data dan information security dan cyber security baik teori maupun praktek dan kecakapan juga sikap dalam melakukan proteksi jaringan. Hal ini untuk menghadapi trend cyber war yang semaking meningkat baik kasus yang terjadi maupun jenis serangan (attack) yang dilakukan.

Dalam sambutannya, Kepala  Pustispan, Chusnul Tri Judianto mengatakan, pentingnya penyiapan teknologi, proses, dan SDM dalam melaksanakan pengelolaan TI. Hal tersebut lantaran Pustispan saat ini sedang menyiapkan Security Operation Centre (SOC) sebagai bagian dari sistem TI yang akan menjadi bagian penting dalam menjaga keamanan data dan informasi juga sistem keamanan jaringan TI LAPAN. Selain itu, untuk membangun budaya penggunaan fasilitas jaringan internet LAPAN yang beretika dan bertanggungjawab dengan menyelaraskan pada nilai budaya kerja LAPAN yaitu Pembelajar, Rasional, Konsisten, Akuntable, dan berorientasi pada Pelayanan. 

Pelatihan menghadirkan pembicara sekaligus trainer, Bisyron Wahyudi, selaku ahli TI bidang Data Centre, Application and Database dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Centre (ID-SIRTII/CC). Pemapar tersebut memberikan pendalaman kemampuan menghadapi kasus cyber war dan pola proteksi sistem. 

Dalam kesempatan ini sekaligus peserta memperoleh penambahan pengalaman lapangan dengan mengunjungi Data Centre milik PT. CNI yang berlokasi di Bandung. Di samping itu juga dilakukan sosialisasi dan diskusi materi petunjuk teknis pengendalian Situs Web LAPAN yang merupakan turunan dari Perka LAPAN No.4 tahun 2016 tentang pengelolaan situs web LAPAN. Hal ini dilakukan untuk melakukan standardisasi dalam pembuatan, penggunaan, dan pengembangan situs Web LAPAN. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL