Kompetensi Utama

Layanan


Seru! Pelajar SMP di Surabaya Bermain Edukasi Roket Air
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 23 Feb 2017 • Dibaca : 6475 x ,

Peserta Workshop Roket Air sedang mempraktikkan peluncuran roket air hasil desain sendiri

Rabu (22/02), LAPAN menyelenggarakan Workshop Roket Air untuk anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kampus Politeknik Negeri Surabaya (PENS), Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi program edukasi publik yang dikelola LAPAN dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda untuk mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa sejak dini.

Edukasi penerbangan dan antariksa memang harus ditanamkan ke anak-anak sejak dini. Karena anak-anak adalah modal dasar majunya bangsa ini di kancah internasional. Caranya, edukasi untuk generasi muda dikemas melalui permainan sederhana, untuk memancing mereka agar tertarik mempelajarinya. 

Roket air sebagai permainan di mata mereka, namun menyimpan berbagai karya edukasi yang bisa dijadikan wawasan tambahan melengkapi pelajaran di sekolah. Roket air adalah roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Wahana yang digunakan untuk membuat roket ini biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman berkarbonasi. Air keluar ditekan oleh udara menggunakan kompresor atau pompa angin. 

Pada kegiatan workshop kali ini, Peneliti Pusat Teknologi Roket, Arif Nurhakim dan Kurdianto memandu peserta dengan memberikan presentasi mengenai cara membuat, sistem pergerakan roket, badan roket, dan trik khusus agar roket air meluncur sesuai dengan keinginan. 

Anak-anak begitu antusias dalam membuat roket mereka masing-masing. Praktik pembuatan roket diikuti oleh 10 tim yang mewakili 10 sekolah. Mereka berlomba membuat desain roket yang bagus dan laik terbang. Setelah selesai membuat roket masing-masing, maka roket pun diluncurkan di lapangan Kampus PENS. Para pelajar ini sangat bergembira menikmati kegiatan meski sebagian kecil roket tidak meluncur sesuai harapan.


Peneliti Pusat Teknologi Roket LAPAN, Arif Nurhakim memberikan arahan kepada siswa yang mengikuti workshop pembuatan roket air

Kegiatan ini merupakan pengalaman yang bagus untuk mereka melangkah ke tahapan selanjutnya. Mengingat, dalam waktu dekat akan berlangsung Kompetisi Roket Nasional (KRAN) yang diselenggarakan LAPAN bekerja sama dengan PP-IPTEK. Setelah terjaring di KRAN, anak-anak berprestasi ini akan dilatih di Pusat Teknologi Roket LAPAN untuk mendapatkan bimbingan khusus guna mengikuti Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) yang tahun ini akan berlangsung di India.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL