Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Bangun Pusat Sains Di Tilong
Penulis : anjas • Media : jurnalsumatra.com • 21 Feb 2017 • Dibaca : 6526 x ,

Kupang, jurnalsumatra.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan membangun pusat pendidikan dan pengembangan teknologi di Tilong, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2017.
Demikian dikatakan Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Clara Yonoyatini ketika melakukan sosialisasi terhadap rencana pembangunan Observatorium nasional di Kecamatan Amfoang Tengah, Senin.
Dalam kegiatan sosialisasi berlangsung di Fatumonas ibu kota Kecamatan Fatuleu Tengah, 120 km arah timur kota Kupang itu dihadiri pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat Kabupaten Kupang.
Ia mengatakan, selain membangun Observatorium nasional di pegunungan Timau juga membangun pusat sains (sains center) sebagai tempat edukasi bagi masyarakat di Kabupaten Kupang serta NTT pada umumnya.
“Jadi yang dibangun di Kabupaten Kupang ini tidak sebatas astronomi saja tetapi ada juga aspek lain dari sektor pendidikan dan teknologi yang dilakukan untuk kepentingan edukasi dan pelatihan bagi masyarakat daerah ini,”tegas Clara Yonoyatini.
Dalam kaitan dengan pembangunan sains center di Tilong menurut dia, Lapan sudah mengantongi izin penggunaan lokasi dari pemerintah Kabupaten Kupang.
Pembangunan pusat sains di Tilong lanjutnya, dilakukan bersamaan dengan pembangunan Observatorium Nasional di pegunungan Timau, Kecamatan Fatuleu Tengah yang menelan dana sekitar Rp500 miliar.
“Pembangunan pusat sains di Tilong itu dilakukan secara bersamaan dengan pembangunan observatorium nasional di gunung Timau, tentu harus dilakukan tahun 2017 ini karena pengangarannya telah dialokasikan pemerintah pusat taun ini,” tegasnya.
Ia mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Kupang agar rencana pembangunan pusat sain dan observatoirium nasional di NTT itu berjalan tanpa ada hambatan.
Sementara itu Bupati Kupang, Ayub Titu Eki menyatakan kegembiraanya dengan direalisasikannya pembangunan observatoirum nasional dan pusat sains di Tilong.
“Pemerintah Kabupaten Kupang sangat mendukung rencana pembangunan ini. Pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 43 ha di Tilong untuk pembangunan pusat sain dilakukan Lapan,”tegas Bupati Ayub Titu Eki.(anjas)


Sumber : https://www.jurnalsumatra.com/2017/02/lapan-bangun-pusat-sains-di-tilong/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL