Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan CNES Tandatangani Kerja Sama Bidang Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 28 Feb 2017 • Dibaca : 21933 x ,

Kepala LAPAN dan Presiden CNES menandatangani naskah kerja sama, disaksikan Menteri Luar Negeri RI dan Minister for Foreign Affairs and International Development of the French Republic

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Presiden Centre National d’Etudes Spatiales (CNES), Dr. Jean-Yves Le Gall menandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerja sama di bidang kegiatan keantariksaan. Momentum seremonial tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI), Jakarta, Selasa (28/02). 

Acara tersebut berlangsung setelah dilaksanakannya penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Menteri Luar Negeri RI, H.E. Retno Marsudi dan Minister for Foreign Affairs and International Development of the French Republic, H.E. Jean Marc Ayrault, sebagai ikatan resmi kerja sama antara Indonesia dengan Perancis.

Ikatan kerja sama kedua institusi ditempuh untuk menyusun kerangka kerja dalam melakukan kegiatan kerja sama di bidang keantariksaan untuk kepentingan bersama, maksud-maksud damai, dan tentu saja bermanfaat bagi kedua pihak.

Adapun bidang-bidang kerja sama yang dijadikan referensi dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kerja sama mencakup berbagai hal. Kedua pihak menyepakati untuk bersinergi di lingkup data penginderaan jauh berbasis satelit dan pemanfaatannya, sains antariksa dan atmosfer, pembangunan satelit mikro dan kecil, teknologi antariksa, isu-isu terkait pengaturan keantariksaan, pengoperasian satelit dan balon, serta lingkup kerja sama keantariksaan lainnya.

Bentuk-bentuk kegiatan yang bisa diimplementasikan antara lain pertukaran informasi dan data berikut pengalaman dan praktik. Kedua pihak juga membuka seluas mungkin kesempatan dalam kegiatan pelatihan, magang, dan beasiswa tenaga ahli dan pakar, termasuk peneliti dan pelajar. Ke depan, kedua pihak bersepakat bersinergi dalam menyelenggarakan seminar-seminar, lokakarya, dan simposium bersama. 

Kegiatan bersama kedua pihak dilakukan untuk melakukan promosi kegiatan keantariksaan, khususnya generasi muda, pengembangan penelitian bersama, publikasi ilmiah, dan sebagainya. Selanjutnya, kegiatan kerja sama akan direalisasikan dengan menyusun suatu Pengaturan Pelaksanaan. 

Naskah kerja sama yang ditandatangani tersebut merujuk pada Persetujuan antara Pemerintah RI dan Pemerintah Republik Perancis tentang kerja sama di bidang riset ilmiah dan pengembangan teknologi yang ditandatangani 8 Mei 1979.

Retno Marsudi mengatakan, penyelenggaraan kegiatan kali ini untuk meningkatkan kerja sama perekonomian. Di mana, menurutnya, Perancis adalah mitra penting di uni eropa. Selain itu, kedua pihak juga bersinergi dalam menanggulangi terorisme. 

Lebih lanjut, ia berharap, dengan ditandatanganinya kesepakatan kerja sama antara Indonesia dengan Perancis, akan menambah bobot hubungan kedua negara yang sudah terjalin selama ini. Adapun bidang kerja sama yang sudah disepakati saat ini adalah kegiatan pelatihan dan pendidikan diplomatik, serta kegiatan di bidang keantariksaan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL