Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia dan Prancis Buka Kerja Sama Teknologi Antariksa
Penulis : Lazuardhi Utama, Afra Augesti • Media : Viva.co.id • 28 Feb 2017 • Dibaca : 6419 x ,

VIVA.co.id – Indonesia dan Prancis sepakat menandatangani dua perjanjian atau memorandum of understanding mengenai pelatihan dan pendidikan diplomatik serta kerja sama pengembangan teknologi keantariksaan.

Kedua MoU ini meliputi Renewal on MoU for Education and Diplomatic Training dan MoU on the cooperation in space activities. Adapun, lembaga yang terlibat adalah Lembaga Antariksa Prancis (Centre National d'Etudes Spatiates/CNES) dan Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN).

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengungkapkan kerja sama teknologi antariksa ini salah satunya berupa pemanfaatan data spot untuk riset antariksa. Selain itu, sejumlah isu akan menjadi fokus bahasan di antaranya kerja sama ekonomi, investasi, dan perdagangan.

Termasuk kerja sama ekonomi kreatif, akses produk kelapa sawit Indonesia dan lisensi FLEG-T. "Kami juga mendorong penyelesaian Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia-EU CEPA)," kata Retno, saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault, di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2017.

Dalam pertemuan ini pula, kedua menteri luar negeri juga akan membahas perluasan akses pasar bagi produk-produk kayu Indonesia yang diproduksi secara berkelanjutan, terutama terkait sertifikasi FLEGT yang telah diterima oleh Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

Kunjungan Jean-Marc Ayrault selama dua hari, 27-28 Februari ini sekaligus juga menyiapkan kunjungan Presiden Prancis, Francois Hollande, ke Indonesia pada akhir Maret 2017. (ren)



Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/888395-indonesia-dan-prancis-buka-kerja-sama-teknologi-antariksa








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL