Kompetensi Utama

Layanan


Akhir Maret 2017, Presiden Prancis Berkunjung Ke Indonesia
Penulis : Ant • Media : moneter.co.id • 28 Feb 2017 • Dibaca : 5849 x ,

Moneter.co.id - Setelah kunjungan Raja Salman ke Indonesia, akhir Maret 2017 nanti giiran Presiden Prancis melakukan kunjungan ke Tanah Air. Presiden Prancis Francois Hollande akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada akhir Maret, kata Menteri Luar Negeri Prancis Jean Marc Ayrault di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Selasa (28/2).

"Ini kunjungan pertama saya ke Jakarta. Saya datang di saat tepat dalam peningkatan hubungan kedua negara. Presiden Hollande akan datang ke Indonesia akhir Maret. Kedatangan saya untuk persiapan kunjungan tersebut," kata Menlu Ayrault.

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu Prancis seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno LP Marsudi.

Menurut Menteri luar negeri (Menlu) Retno, kunjungan Presiden Francois Hollande ke Indonesia yang dijadwalkan pada akhir Maret itu akan menjadi kunjungan yang bersejarah setelah lebih dari 30 tahun tidak ada Presiden Prancis yang berkunjung ke Indonesia.

Dalam kunjungan kerja Menlu Ayrault ke Indonesia, pemerintah kedua negara menandatangani dua nota kesepahaman (MoU), yaitu pembaruan MoU untuk pendidikan dan pelatihan diplomatik antara Menlu RI dan Menlu Prancis serta MoU Kerja sama kegiatan antariksa antara Kepala Lembaga Antariksa Prancis (CNES) dan Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI.

"Kerja sama kegiatan diplomatik dan keantariksaan ini akan menambah bobot hubungan kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini," kata Menlu Retno.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menlu juga membahas berbagai isu di tingkat kawasan dan global yang menjadi perhatian kedua negara, salah satunya upaya perdamaian Israel-Palestina.

Menlu Retno mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Prancis memiliki pandangan yang sama terkait konflik Israel-Palestina dan mendukung penyelesaian konflik secara damai melalui Solusi Dua Negara (Two State Solution).

Selain itu, Menlu RI dan Menlu Prancis membahas kerja sama di bidang kontra terorisme, pendidikan, pariwisata, pembangunan kota melalui program smart cities.

(Moneter|Ant)


Sumber : http://moneter.co.id/10880/akhir-maret-2017-presiden-prancis-berkunjung-ke-indonesia








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL