Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Pamerkan Hasil Litbang Teknologi Penerbangan dan Antariksa dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran Kementerian dan Lembaga 2017
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sgd • 01 Mar 2017 • Dibaca : 25372 x ,

Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu melakukan dialog dengan pemandu stan pameran LAPAN pada saat kunjungan stan pameran

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, selaku keynote speech Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga Tahun 2017, menyampaikan Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017. Sambutan tersebut berlangsung pada rangkaian pembukaan Rakornas yang dilaksanakan di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Selasa (28/02). Rakornas itu sendiri diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong terwujudnya optimalisasi belanja negara.

Turut hadir dalam kegiatan jajaran pejabat LAPAN, Sekretaris Utama, Ignatius Loyola Arisdiyo, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Henny Setianingsih, Inspektur, Ratih Pratiwi, kepala Bidang Program dan Fasilitas Pusat Teknologi Roket, Dr. Heru Supriyatno.

Kegiatan Rakornas disemarakkan dengan kegiatan pameran yang diikuti oleh Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), antara lain Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan tinggi, LAPAN, BATAN, beberapa Perguruan Tinggi, PLN, PT.Taspen, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Pariwisata, BPJS, dan lainnya.

Pameran tersebut menampilkan produk-produk unggulan dari masing-masing institusi. Sementara, LAPAN berpartisipasi dengan menampilkan promosi produk hasil litbang teknologi penerbangan dan antariksa, seperti pengembangan satelit, pesawat tanpa awak yang biasa disebut LAPAN Surveillance UAV (LSU), dan beberapa produk hasil litbang lainnya.

Untuk pengembangan LSU, LAPAN menampilkan miniature pesawat tersebut mulai dari serial 01 sampai 05. Produk litbang tersebut sudah diaplikasikan untuk berbagai keperluan, mulai dari kegiatan kebencanaan, pertanian, pemetaan wilayah dan garis pantai, serta aplikasi lainnya.

LAPAN juga menampilkan promosi terkait pengembangan satelit mulai dari LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, LAPAN A2/LAPAN-Orari dan LAPAN A3/LAPAN-IPB. 

Satelit LAPAN-TUBsat membawa misi untuk pengamatan rupa bumi, pemantauan kebakaran hutan, gunung meletus, tanah longsor, banjir, dan kecelakaan kapal maupun pesawat. Satelit tersebut diluncurkan pada 10 Januari 2007. Sedangkan Satelit LAPAN A2/LAPAN-Orari diluncurkan pada 28 September 2015 dengan membawa misi untuk komunikasi radio amatir, pemantauan kapal-kapal di perairan Indonesia, serta pemantauan wilayah tanah air. Satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB membawa misi pemantauan lahan khususnya pertanian, pemantauan kapal, pengukuran medan magnet bumi, dan uji eksperimen terkait uji sensor bintang untuk mengarahkan sikap dari satelit dan reaction will bagi pengendalian satelit. Satelit ini diluncurkan pada 22 Juni 2016.

Dalam sesi kunjungan ke stan pameran oleh Menteri Keuangan, Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono sempat meninjau lokasi pameran LAPAN dan berdialog dengan pemandu terkait pemantauan satelit untuk peningkatan pendapatan pajak. Pemandu menginformasikan bahwa LAPAN telah bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk peningkatan pajak melalui teknologi penerbangan dan antariksa. Pemandu memberikan contoh hasil citra satelit suatu wilayah dari sebelum pengembangan dan sesudah pengembangan melalui data citra satelit.

Sementara itu, Arisdiyo berharap, dengan adanya diskusi singkat tersebut, Kementerian Keuangan dapat melakukan kerja sama dengan LAPAN dalam rangka peningkatan pendapatan pajak melalui pemantauan satelit.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL