Kompetensi Utama

Layanan


Kepala LAPAN Ajak Mahasiswa UIN Walisongo Pahami Konsep Iptek Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/Rz • Fotografer : Humas/Sgd • 02 Mar 2017 • Dibaca : 24216 x ,

Sejumlah mahasiswa UIN Walisongo menyimak paparan Kepala LAPAN dalam kuliah umum saat kunjungan ke Kantor LAPAN Bandung

Kamis (2/03), Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin memberikan kuliah umum di hadapan 20 dosen dan 255 mahasiswa Universitas Negeri Islam (UIN) Walisongo Semarang. Mereka terdiri dari mahasiswa Jurusan Ilmu Falak, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Keluarga. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Pusat Sains Antariksa, Bandung.

Menurut penjelasan salah satu dosen pembimbing, kunjungannya tersebut ke Kantor LAPAN Bandung dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan bagi mahasiswa. Dengan mendatangi langsung ke salah satu lokasi dilakukannya riset LAPAN, diharapkan menjadi pengalaman baru bagi mahasiswanya untuk mengembangkan potensinya menyerap ilmu pengetahuan yang diperoleh selama menempuh kuliah.

Dalam pemaparannya, Kepala LAPAN menjelaskan, LAPAN memiliki visi dan cita-cita sebagai pusat unggulan dalam bidang penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri. Berbagai riset bidang penerbangan dan antariksa telah dilakukan untuk meraih cita-cita tersebut. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa, “Saat ini LAPAN melakukan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan.”

Untuk mendukung hal tersebut, LAPAN memiliki tujuh program utama yang terdiri dari: pengembangan teknologi satelit, pengembangan teknologi aeronautika (pesawat transport dan sistem pemantau maritim berbasis pesawat tanpa awak), pengembangan roket sonda untuk menjadi roket peluncur satelit, pengembangan bank data penginderaan jauh, pengembangan sistem pemantau bumi nasional, pengembangan sistem pendukung keputusan dinamika atmosfer ekuator, dan pengembangan sistem pendukung keputusan cuaca antariksa dan observatorium nasional.

Dalam kuliah umum ini, Kepala LAPAN mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam memahami konsep ilmu pengetahuan di bidang penerbangan dan antariksa dengan menggunakan metode-metode ilmiah sehingga terhindar dari pseudosains, khususnya astronomi seperti ilmu falak yang mempelajari lintasan benda-benda langit seperti bumi, bulan, dan matahari.

Pada akhir presentasi, mahasiswa dan dosen aktif mengajukan berbagai pertanyaan perihal materi yang telah disampaikan. Kegiatan kuliah umum ditutup dengan pertukaran cinderamata LAPAN dan UIN Walisongo, serta kunjungan ke fasilitas penelitian di Pusat Sains Antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL