Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan Universitas Airlangga Bekerja Sama Tingkatkan Peran untuk Artikulasi Strategis Kebijakan Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/Yun • Fotografer : Humas/Yun • 03 Mar 2017 • Dibaca : 22352 x ,

Serah terima cinderamata LAPAN dan Unair disaksikan oleh Kepala LAPAN

Jumat (03/03), bertempat di Kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, berlangsung penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LAPAN dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair. Naskah kerja sama tersebut ditandatangani oleh Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA), Agus Hidayat dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Falih Suaedi.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan peranan masing-masing lembaga dalam rangka artikulasi strategis kebijakan yang lebih konstruktif, bagi pencapaian tujuan nasional di bidang penerbangan dan antariksa.

Penandatanganan naskah PKS disaksikan langsung oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Pada kesempatan ini, Kepala LAPAN juga berkesempatan memberikan kuliah umum dengan tema “Iptek Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Mandiri.”

Kuliah umum dihadiri oleh sejumlah mahasiswa Unair dari jurusan komunikasi, hubungan internasional, dan jurusan lainnya di lingkungan FISIP. 

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Unair menyampaikan apresiasi tinggi kepada pihak LAPAN atas kerja sama yang dijalin tersebut. Sementara, Kepala PusKKPA juga mengungkapkan bahwa kerja sama ini berawal dari kegiatan yang dirintis enam bulan sebelumnya. Pihak Unair melakukan rintisan dengan LAPAN dalam rapat pembahasan. Adapun ruang lingkup yang dijajaki adalah kebijakan di bidang sains antariksa, penginderaan jauh, penguasaan teknologi, dan peluncuran wahana antariksa, serta komersialisasi. 

Saat kuliah umum, Kepala LAPAN menjelaskan empat kompetensi yang menjadi prioritas LAPAN, yaitu bidang sains antariksa dan sains atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, penginderaan jauh, dan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Ia juga mengenalkan tujuh program utama LAPAN, yaitu pengembangan teknologi satelit, teknologi aeronautika (pesawat transport dan sistem pemantau maritim berbasis pesawat tanpa awak), roket sonda untuk menjadi roket peluncur satelit, bank data penginderaan jauh, sistem pemantauan bumi nasional, sistem pendukung keputusan dinamika atmosfer ekuator, serta sistem pendukung keputusan cuaca antariksa dan observatorium nasional) 

Dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan dapat menambah kemampuan para praktisi maupun tenaga ahli yang kompeten di bidangnya. Penyelenggaraan kerja sama ini, juga didukung dengan melakukan kegiatan diseminasi dan publikasi ilmiah secara bersama.

Jalinan kerja sama akan berfokus kepada kegiatan penelitian dan pengkajian terkait kebijakan di bidang penerbangan dan antariksa. Sehubungan dengan hal tersebut, maka akan dilakukan pertukaran tenaga ahli, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta pertukaran data dan informasi, sebagai upaya untuk mensinergikan kegiatan penelitian dan pengkajian tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL