Kompetensi Utama

Layanan


PTDI Gandeng LAPAN Garap Proyek N245 dan N219, Ini Alasannya
Penulis : Fadhly Fauzi Rachman • Media : Detik.com • 02 Mar 2017 • Dibaca : 17608 x ,

Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berencana untuk mengembangkan proyek pesawat N245.

Direktur Utama PTDI, Budi Santoso menjelaskan pembagian porsi pengerjaan proyek N245 bersama dengan LAPAN. Ia mengatakan, LAPAN ikut serta dalam pengembangan proyek N245 untuk lebih menguasai teknologi pesawat.

"Nanti ada bagian testing segala macam dikerjakan LAPAN, desain ada yang masih bersama-sama. Di Bandung juga banyak chain-chain LAPAN kerja di tempat kami bareng-bareng," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

"Nanti testing segala macam mulai LAPAN ikut juga. Jadi LAPAN itu tujuannya untuk menguasai teknologinya. Kalau kita disamping menguasai teknologi juga sektor bisnis penting," sambung Budi.

Ia mengatakan, selain proyek pesawat N245, PTDI juga bekerja sama dengan LAPAN untuk proyek N219. Budi menjelaskan, LAPAN saat ini tengah berupaya untuk lebih menguasai teknologi pesawat terbang.

"Sebelum tahun 2011, LAPAN kan sama sekali enggak punya kemampuan untuk pesawat terbang, biasanya hanya roket, satelit dan lain-lain. Waktu diputuskan bahwa LAPAN itu jadi induk pengembangan teknologi pesawat terbang, maka bersama kami membuat N219 start awal," kata dia.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan juga ikut serta dalam proyek tersebut untuk masalah penerbitan type certificate. Semuanya, berkolaborasi guna mengembangkan teknologi pesawat terbang nasional menjadi lebih maju.

"Itu adalah tujuannya mengembangkan kemampuan teknologi pesawat nasional, kalau lapan kan bukan komersial. (Proyek) N219, N245 buat kami, kemudian untuk Kementerian Perhubungan untuk mengupgrade direktorat sertifikasinya. Kemudian untuk LAPAN juga sesuatu yang baru untuk mereka, nah ini kita harapkan Indonesia punya semakin lama kemampuannya semakin tinggi untuk teknologinya," tutupnya.




Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3436220/ptdi-gandeng-lapan-garap-proyek-n245-dan-n219-ini-alasannya








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL