Kompetensi Utama

Layanan


Bincang-Bincang Kepala LAPAN: Peningkatan Layanan Publik Menuju Tercapainya Reformasi Birokrasi
Penulis Berita : Humas/Mitro • Fotografer : Humas/Mitro • 06 Mar 2017 • Dibaca : 4190 x ,

Kepala LAPAN didampingi Sekretaris Utama, Kepala Biro Renkeu, dan Kepala Biro SDMOH melakukan bincang-bincang dengan pegawai LAPAN

Bertempat di Balai Pertemuan Dirgantara Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, berlangsung bincang-bincang Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dengan para pegawai di lingkungan Biro Perencanaan dan Keuangan (Renkeu) dan Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum (SDMOH). Acara yang dilaksanakan Senin (06/03), ini dipandu Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo. Turut hadir Kepala Biro Renkeu, Henny Setyaningsih dan Kepala Biro SDMOH, Anie Retnowati.

Kepala LAPAN menjelaskan tentang capaian kinerja LAPAN 2016 dan rencana kerja 2017. Menurutnya, di dalam Rencana Strategis 2015-2019 dijelaskan, LAPAN mempunyai lima sistem nilai atau nilai dasar yang disingkat dengan pembelajar, rasional, konsisten, akuntabel, dan layanan publik. 

Pembelajar artinya sebagai pegawai kita harus selalu belajar, karena teknologi berubah, aturan berubah, tidak berhenti belajar. Jika seorang pegawai tidak mau belajar maka ia akan tertinggal. Rasional adalah segala sesuatu ada aturannya. Konsisten berarti rencana yang sudah disepakati harus dilaksanakan dan dilaporkan secara konsisten. Seperti rencana induk harus tercermin di dalam renstra. Akuntabel yaitu dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan harus dapat dipertanggungjawabkan. Layanan publik artinya LAPAN sebagai bagian dari pemerintah melaksanakan salah satu tugasnya menyejahterakan masyarakat. LAPAN harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat baik internal maupun eksternal. 

Thomas juga menjelaskan bahwa dalam rangka reformasi birokrasi, LAPAN melakukan program quickwins dengan paradigma satu LAPAN. Pengintegrasian hasil-hasil penelitian dan pengembangan LAPAN yang telah ada sekarang, selanjutnya ditingkatkan dan diintegrasikan. Adapun inti dari quickwins yaitu layanan yang cepat, tepat, dan akurat, terkait dengan sistem pemantauan maritim dan bencana berbasis iptek penerbangan dan antariksa. Maka reformasi birokrasi berujung pada layanan yang terbaik bagi masyarakat. 

untuk pencapaian visi dan misi, maka LAPAN mempunyai orientasi yang tinggi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Sekretariat utama bukan hanya sebagai pendukung reformasi birokrasi, tetapi sebagai prime mover reformasi birokrasi, ditandai dengan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Hal ini merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL