Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan FISIP UNAIR Kembangkan Kajian Kebijakan Keantariksaan
Penulis : Ainul Fitriyah • Media : news.unair.ac.id • 06 Mar 2017 • Dibaca : 14958 x ,

UNAIR NEWS – Tak ada negara besar yang maju tanpa mengembangkan kemandirian bidang keantariksaan. Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof. Dr. Thomas Djamaluddin M.Sc., saat memberikan kuliah umum di Aula Adi Sukadana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Jumat (3/3).

Thomas memberikan kuliah umum bertajuk “IPTEK Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Mandiri” di hadapan mahasiswa, pengajar FISIP, dan Dekan FISIP. Kuliah umum tersebut dimoderatori oleh pengajar Departemen Hubungan Internasional, Joko Susanto, M.Sc.

Kepala LAPAN menjelaskan, Indonesia membutuhkan kemandirian dalam bidang keantariksaan. Contohnya, selama ini pemerintah Indonesia membeli satelit dari pihak luar negeri. Padahal, para ahli bisa membuat satelit sendiri.

“Sebenarnya, Indonesia sudah punya semuanya. Ahlinya ada, kemampuan ada, hanya problemnya kita kekurangan dana,” papar Thomas.

Selain kuliah umum, kedua lembaga tersebut juga melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Nota kesepakatan ditandatangani oleh Kepala LAPAN dan Dekan FISIP UNAIR di Cakra Studi Global Strategis (CSGS), pusat studi di bawah FISIP UNAIR.

Thomas mengatakan, pihaknya membutuhkan rekomendasi kebijakan internasional dari para akademisi FISIP UNAIR. “Di sisi substansi LAPAN memahami, namun di sisi kajian LAPAN merasa kurang. Oleh karena itu, LAPAN mencari mitra terutama dari perguruan tinggi yang memang mendalami aspek ini,” ungkap Kepala LAPAN.

Pada sambutannya, Dekan FISIP, Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si mengatakan, Indonesia masih belum mandiri dari berbagai sisi, salah satunya bidang antariksa. Falih menyampaikan apresiasinya kepada Departemen Hubungan Internasional yang memprakarsai kegiatan tersebut.

Kerja sama yang menaungi tiga program utama akan berlaku selama tiga tahun ini, yakni melangsungkan kuliah tamu, menulis jurnal ilmiah, dan publikasi penelitian. LAPAN juga membuka peluang kepada mahasiswa FISIP UNAIR untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL) dan magang di lembaga tersebut.

“Dengan adanya kuliah umum ini semakin menambah wawasan kita mengenai bidang keantariksaan dan perkembangan teknologinya,” begitu tutur salah satu mahasiswa yang merasa puas dengan kuliah umum tersebut.



Sumber : http://news.unair.ac.id/2017/03/06/lapan-dan-fisip-unair-kembangkan-kajian-kebijakan-keantariksaan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL