Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Mengenalkan Kegiatan Keantariksaan Indonesia kepada Pelajar SMA Candle Tree
Penulis Berita : Humas/Ndy • Fotografer : Humas/Rst • 14 Mar 2017 • Dibaca : 1668 x ,

Foto bersama kunjungan pelajar dan guru SMA Candle Tree bersama dengan Narasumber dari LAPAN

Selasa (14/03), Kantor LAPAN Pusat, Jakarta kedatangan tamu segenap pelajar dan guru SMA Candle Tree Serpong. Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto. Pada kesempatan ini, mereka memperoleh bekal penjelasan tentang kegiatan keantariksan di Indonesia yang disampaikan Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (KKPA), Agus Hidayat.

Bertempat di Balai Pertemuan Dirgantara, Agus Hidayat memaparkan kegiatan keantariksaan yang diuraikan melalui empat kompetensi utama LAPAN. “Untuk saat ini sudah ada undang-undang yang melindungi kegiatan keantariksaan, yang meliputi bidang sains antariksa, penginderaan jauh, penguasaan teknologi keantariksaan, peluncuran, dan kegiatan komersial keantariksaan lainnya,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan jenis-jenis satelit buatan LAPAN yang sudah diluncurkan sampai dengan satelit yang masih dalam proses pembuatan. “Saat ini, LAPAN sudah meluncurkan tiga satelit dan siap meluncurkan satelit generasi selanjutnya pada tahun 2018,” ucapnya.

Siswa-siswi SMA Candle Tree begitu antusias mendengarkan penjelasan tersebut. Mereka nampak aktif mengajukan berbagai pertanyaan. Salah satunya, "Di tahun 2024 sudah ada rencana untuk membuat roket empat tingkat. Pertanyaan saya, dapatkan di tahun tersebut LAPAN membuat roket yang bisa langsung kembali ke bumi pada tempatnya agar tidak menjadi sampah?" tanya salah seorang siswi. "SpaceX, sebuah perusahaan Amerika Serikat sudah berhasil menguji coba roket yang dapat langsung kembali ke bumi. Jadi teknologi itu sudah ada, tetapi membuat roket yang membawa satelit saja belum bisa. Namun itu mimpi yang bagus dan sangat dimungkinkan," jawab Agus. Ia berharap agar generasi muda ini dapat menruskan dan mewujudkan mimpi itu.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL