Kompetensi Utama

Layanan


Pesawat N219 Terbang Perdana Mei Tahun Ini
Penulis : Ardan Adhi Chandra • Media : Detik.com • 15 Mar 2017 • Dibaca : 5027 x ,

Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sedang menyiapkan pesawat N219 untuk terbang perdana Mei nanti. Proyek ini merupakan kerja sama antara PTDI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Direktur Niaga dan Restrukturisasi PTDI, Budiman Saleh, menjelaskan pesawat N219 sudah menjalani beberapa pengujian dari Direktorat Kelaikan Udara Kementerian Perhubungan.

"Uji level komponen, assessment, pengujian beberapa tahapan. Prosesnya banyak sekali. Mei ini Insya Allah, beberapa malam lalu sudah lakukan pengujian, tes, banyak sekali," Kata Budiman kepada detikFinance di Jakarta, Rabu (15/3/2017).
Budiman menambahkan, proses pengujian oleh Direktorat Kelaikan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjalan sukses tanpa hambatan.

"Dilakukan bersama-sama dengan pihak Kemenhub, Direktorat Kelaikan Udara," kata Budiman.

Uji kelaikan terhadap pesawat N219 dilakukan dalam beberapa tahapan. Bahkan, perlu dilakukan uji tambahan dari lembaga penerbangan internasional agar N219 bisa dipasarkan ke berbagai negara di dunia.

"Kita cari sebenarnya sertifikasi pesawat kita bisa jual kepada umum. Harus juga dapatkan setifikasi dari badan sertifikasi inteenasional seperti FAA (Federal Aviation Administration)," tutur Budiman.
Dia juga memberi klarifikasi soal isu di dunia maya tentang N219 yang dipamerkan PTDI hanya dummy dari bahan plastik.

Menurut informasi tersebut, prototipe N219 dibuat pabrik pesawat Airbus. Dengan kata lain, pesawat itu adalah made in Airbus bukan NKRI.

"Saya heran kalau itu dibilang dari plastik. Diuji dari plastik, diproduksi di Airbus. Ada isu N219 dari plastik dan akan dibuat di Airbus, menghina sekali," tegas Budiman. (hns/hns)


Sumber :https://finance.detik.com/industri/3447706/pesawat-n219-terbang-perdana-mei-tahun-ini








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL