Kompetensi Utama

Layanan


Himpenindo Cabang LAPAN Tingkatkan Potensi SDM melalui Workshop Penulisan Jurnal Internasional
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 21 Mar 2017 • Dibaca : 2007 x ,

Narasumber Prof Dr. Evvy Kartini menerangkan kepada peserta di sela-sela workshop

Selasa (21/03), berlangsung workshop penulisan jurnal internasional untuk para peneliti dan perekayasa LAPAN di Hotel Park, Jakarta Timur. Kegiatan ini diprakarsai Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Cabang LAPAN. 

Dalam laporannya, Ketua Himpenindo Cabang LAPAN, Dr. Hery Budi menyampaikan, Himpenindo didirikan pada November 2016. Kegiatan kali ini sebagai agenda pertama pelaksanaan program kerjanya. 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peneliti dan perekayasa di LAPAN agar mampu menulis jurnal internasional. Hal tersebut dapat mendorong capaian IKU LAPAN di bidang penelitian tingkat internasional. Kegiatan ini menargetkan, usai diperoleh wawasan melalui workshop, maka akan ada tulisan yang siap dipublikasikan di Jurnal Internasional.

Himpenindo mempunya empat program kerja, yaitu penulisan jurnal ilmiah, seminar HAKI dan Paten, workshop kreativitas, dan seminar hasil litbang LAPAN.

Acara dibuka oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Menurutnya, program kerja Himpenindo Cabang LAPAN untuk mendukung LAPAN dalam mencanangkan Center of Excelent dari segi teknologi, layanan unggulan, produktivitas, dan kreativitas peneliti.

Produktivitas peneliti dilihat dari tulisan yang dipublikasikan, jurnal internasional, dan HAKI/Paten. Publikasi dilihat bukan hanya nasional maupun internasional. Para peneliti didorong untuk meningkatkan kompetensinya yang ditunjukkan dengan publikasi karya ilmiah.

Ia menambahkan, mulai tahun 2017 setiap pegawai harus mendapatkan pelatihan dengan apapun bentuknya. Pegawai harus melakukan magang baik kursus singkat yang diselenggarakan LAPAN sendiri, atau pihak-pihak lainnya seperti Kemenristekdikti. “Semua peluang harus bisa dimanfaatkan. Sebab, saya berharap agar kualitas SDM LAPAN meningkat, seluruh peneliti dan perekayasa juga harus meningkat jenjang karirnya, terutama dari segi pendidikan formal sampai mencapai gelar Profesor Riset,” ujarnya. Hal tersebut sangat berguna untuk meningkatkan hasil penelitian yang bermanfaat.

Kepala LAPAN menargetkan, pada tahun 2019, mayoritas SDM LAPAN yang mayoritas peneliti, dapat meningkatkan kualitas hasil litbang dan kompetensi yang ditunjukkan dengan publikasi. Sosialisasi hasil karya litbang ditunjukkan dengan aspek kompetensi secara kreatif. Karya tersebut juga tidak hanya menunjukkan kompetensinya namun juga aspek sains dan hal yang berorientasi pada layanan litbang.

Peneliti harus dapat memberikan layanan informasi yang dapat menjelaskan, mencerdaskan, dan mengingatkan masyarakat. “Mudah-mudahan cita-cita bersama untuk menjadi Center of Excelent didukung oleh SDM peneliti dan perekayasa yang produktif dan unggul, sehingga dapat dimanfaatkan dan diakui oleh komunitas ilmiah,” imbuhnya. Maka pertemuan ini diharapkan bisa menjadi awal untuk bekerja sama dan bersinergi dalam mewujudkan mimpi tersebut. 

Workshop diselenggarakan tanggal 21-23 Maret 2017. Beberapa materi disampaikan selama tiga hari penyelenggaraan. Materi tersebut antara lain tata cara, strategi submit, dan sitasi penulisan KTI internasional dan tata cara penulisan dan submit jurnal nasional LAPAN terakreditasi LIPI OJS. Pada pertemuan kali ini, materi disampaikan oleh Narasumber dari BATAN, Prof Dr. Evvy Kartini.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL