Kompetensi Utama

Layanan


Rob Masalah yang Paling Diseriusi Pemkab, Terjunkan Tim LAPAN
Penulis : H52-49 • Media : suaramerdeka.com • 29 Mar 2017 • Dibaca : 15125 x ,

KAJEN - Limpasan air laut atau rob yang telah menjadikan warga di kawasan pesisir Kabupaten Pekalongan kesulitan beraktivitas selama bertahun-tahun serta membuat warga kehilangan banyak harta benda menjadi salah satu masalah yang saat ini paling diseriusi oleh Pemkab.

Setelah menggandeng ahli dari Belanda, melakukan pembangunan tanggul raksasa, Pemkab kini juga menerjunkan tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), khusus untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap masalah rob di Kota Santri.

Tak hanya itu, Pemkab juga memberikan dukungan penuh terhadap Forum Komunitas Peduli Rob (FKPR) yang merupakan sekumpulan putra-putri daerah di Kecamatan Wonokerto dan bekerja di luar daerah untuk bersama-sama bekerja menuntaskan masalah rob. FKPR yang diketuai DR Ir Mujio Sukir itu juga tak segan-segan turun tangan dan menyatakan akan bersama Pemkab memberikan sumbangsih dalam penanganan masalah limpasan air laut yang menjadikan warga pesisir kondisinya cukup memperihatinkan.

”Tujuan kami adalah membantu pemerintah daerah untuk menyelesaikan bencana rob,” kata Ketua FKPR pada kesempatan pembahasan penanganan rob bersama Pemkab Pekalongan dan tim Lapan yang akan bekerja di Kota Santri. FKPR, menurut Sukir, akan melaksanakan pengkajian dan penelitian tentang apa, sebab, dan akar dari permasalahan rob di pesisir Pekalongan. ”Pada tataran ini kita bekerja sama dengan Lapan, dengan menyediakan foto satelit yang mendeskripsikan tentang mengapa terjadinya rob di wilayah pantura,” tandas Sukir.

Lebih lanjut Ketua FKPR tersebut juga mengaku akan mencari donatur yang bisa membantu menangani rob, menyebarkan informasi melalui media, melakukan shooting film dokumenter tentang rob yang sudah menjadi bencana nasional.

”Dan kami melakukan pendataan informasi secara detil, tentang kerugian rob ini sebagai penyediaan data tentang Rob ini secara komprehensif,” lanjut dia. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi pada kesempatan tersebut mengatakan, FKPR telah memiliki gambar citra satelit Lapan tentang kondisi daerah yang terkena rob sejak tahun 2008 sampai sekarang. Dengan foto tersebut akan menguatkan data untuk penanganan rob secara komprehensif.

”Dan setelah melihat dari foto satelit, LAPAN juga akan mengadakan penelitian secara intensif di lapangan selama 10 hari. Hasil penelitian ini akan kita jadikan acuan untuk membuatkan peta jalan penanganan rob. Seiring dengan apa yang akan dilakukan BPBS yang akan menganggarkan dana sekitar 300 miliar untuk menangani rob,” ungkap Bupati.

Menurutnya, hal itu dilakukan supaya ada keterpaduan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Penelitian bersifat buttom up, dari bawah, karena dari masyarakat bekerjasama dengan tim ahli serta profesional dari Lapan. Adapun penelitian dilakukan oleh pemerintah pusat yang akan jadi bahan rujukan, hasilnya akan lebih bagus karena komplit.


Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/rob-masalah-yang-paling-diseriusi-pemkab/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL