Kompetensi Utama

Layanan


SERIUS TANGANI ROB . PEMKAB RANGKUL LAPAN
Penulis : Dinkominfo Kab. Pekalongan/ nd • Media : pekalongankab.go.id • 30 Mar 2017 • Dibaca : 15079 x ,

Keseriusan Pemkab Pekalongan dalam mengatasi permasalahan Rob di Wilayah Pekalongan Bagian Utara terus dilakukan. Setelah sebelumnya bupati mencanangkan pembangunan tanggul melintang di Mulyorejo Kecamatan Tirto, kali ini Pemkab merangkul Forum Komunitas Perduli Rob Pekalongan.

Forum Komunitas Peduli Rob adalah sekumpulan putra putri daerah wonokerto yang bekerja diluar daerah yang berkomitmen membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan Rob.
" Tujuan kami adalah membantu Pemerintah kabupaten dan kota untuk menyelesaikan bencana rob" terang DR Ir Mujio Sukir Ketua Forum Komunitas Peduli Rob baru baru ini (27/3) di Sekretariat Daerah Kab Pekalongan

Adapun program bantuan yang akan dilakukan adalah melaksanakan pengkajian dan penelitian tentang apa, sebab dan akar dari permasalahan. " Pada tataran ini kita bekerja sama dengan LAPAN ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional )dengan menyediakan foto satelit yang e mendeskripsikan tentang mengapa terjadinya rob diwilayah Pantura" tandasnya.

Program kami selanjutnya adalah mencari donatur yang bisa membantu menangani rob,menyebarkan informasi melalui media, melakukan shooting film dokumenter tentang rob yang sudah menjadi bencana nasional.

" Dan kami melakukan pendataan informasi secara detil tentang kerugian rob ini sebagai penyediaan data tentang Rob ini secara komprehensif"terangnya.


Sementara itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan Komunitas ini telah memiliki gambar citra satelit LAPAN tentang kondisi daerah yang terkena rob sejak tahun 2008 sampai sekarang.

Dengan adanya foto satelit ini saya meyakini dan jadi lebih tahu tentang penanganann rob secara konfrensip. " Dan setelah melihat dari foto satelit, LAPAN juga akan mengadakan penelitian secara intensif di lapangan selama 10 hari.

Hasil penelitian ini akan kita jadikan acuan untuk membuatkan peta jalan penanganan rob. Seiring dengan apa yang akan dilakukan BPBS yang akan menganggarkan dana sekitar 300 M untuk menangani rob.

Menurut Bupati Pekalongan, supaya ini ada keterpaduan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat . Penelitian ini bersifat button up dari bawah karna ini dari masyarakat yang bekerjasama dengan Lapan.

Sedangkan Penelitian dilakukan oleh pemerintah pusat yang nanti akan jadi bahan rujukan ,hasilnya akan lebih bagus karna komplit. "Tahun 2017 peta jalan penanganan rob akan nampak dan tahun 2018 rob akan dapat terselesaikan"terangnya.(red)



Sumber : http://www.pekalongankab.go.id/informasi/berita/berita-lokal/9750-serius-tangani-rob-pemkab-rangkul-lapan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL