Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Kenalkan Pemanfaatan ZPPI ke Nelayan Papua
Penulis Berita : Humas/Wawan-Avi • Fotografer : Humas/Pino • 23 Mar 2017 • Dibaca : 18340 x ,

Para Nelayan Papua menyimak penjelasan pemanfaatan ZPPI untuk panduan menangkap ikan

Rabu (22/03), LAPAN melakukan sosialisasi pemanfaatan informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) di Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh Biak (LAPAN Biak). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung peningkatan pembangunan sektor perikanan di wilayah Papua.

Acara tersebut dihadiri perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Perikanan dan Kelautan di wilayah pemerintahan Provinsi Papua. Hadir pula para nelayan tradisional yang berdomisili di Pulau Biak.

Dalam sambutannya, Kepala Balai LAPAN Biak, Marwoto menyampaikan, kegiatan ini sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan iptek penerbangan dan antariksa. ZPPI sebagai salah satu produk litbang LAPAN di bidang penginderaan jauh dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat nelayan di Indonesia.

“Informasi mengenai ZPPI tersebut diolah dari data citra satelit penginderaan jauh yang dioperasikan LAPAN. Melalui data tersebut, dapat diketahui wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai lokasi pertumbuhan ikan,” ujarnya. Sehingga, informasi yang disampaikan dapat mempermudah nelayan menemukan lokasi yang tepat untuk mencari ikan.

Dengan teknologi canggih tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup nelayan tradisional. Namun hal tersebut tentu sangat membutuhkan campur tangan pemerintah setempat, dalam hal ini dinas-dinas terkait untuk mengakomodir data dan informasi yang disampaikan LAPAN agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Paparan secara teknis disampaikan oleh narasumber dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Rozzi Hamzah. Peserta Nampak antusias untuk mengetahui lebih jauh lagi pemanfaatan ZPPI sampai dengan praktik di lapangan. Mereka berharap agar LAPAN dapat terus mengadakan kegiatan-kegiatan serupa untuk meningkatkan wawasan iptek di Papua.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL