Kompetensi Utama

Layanan


Cascading Indikator Kinerja Utama Menjadi Bagian dari Pengelolaan Kinerja
Penulis Berita : Humas/IKD • Fotografer : Humas/Mitro • 03 Apr 2017 • Dibaca : 4376 x ,

Kepala Bagian Pengelolaan Kinerja KKP, Irwan Fakhry menyampaikan paparan terkait pengelolaan kinerja

Senin (03/04), bertempat di Ruang Antariksa Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, Biro Perencanaan dan Keuangan (Renkeu) mengundang narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk berbagi pengetahuan terkait pengelolaan kinerja KKP. Hadir selaku narasumber dalam forum tukar pikiran tersebut Kepala Bagian Pengelolaan Kinerja KKP, Irwan Fakhry. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Renkeu, Henny Setyaningsih. Turut menghadiri undangan yaitu Inspektur, Ratih Pratiwi, Kepala Biro SDMOH, Anie Retnowati, Kepala Bagian Perencanaan, Husni W. Indtratmo, Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi, Ade Gunawan, serta perwakilan dari Satker di lingkungan Sekretariat Utama.

Irwan menjelaskan, tahun 2012 merupakan awal pengenalan Balanced ScoreCard (BSC) di lingkungan KKP. Hal tersebut sebagai wujud komitmen pimpinan tinggi dan sebagai langkah penajaman program untuk menghasilkan efektifitas anggaran. 

Tahun selanjutnya, disusun Perjanjian Kinerja (PK) berbasis BSC dari level 0 (Kementerian/Lembaga) sampai ke level 4 (Kepala Sub Bagian). Selanjutnya, PK tersebut diturunkan menjadi Indikator Kinerja Individu (IKI) masing-masing pegawai. Pelaksanaannya didukung pengembangan dan peluncuran aplikasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP). 

Penilaian individu diukur dari 60 persen kinerja individu berdasarkan IKI dan 40 persen penilaian perilaku (persentase kehadiran dan penilaian 360). PK berbasis BSC level 0-4 dan IKI dijadikan pengukuran kinerja organisasi dan pegawai serta senantiasa dilakukan penyempurnaan sistem SKP. 

Penerapan BSC juga dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) 2015-2019. Pengimplementasian cascading IKU berdampak pada peningkatan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) KKP yang 3 tahun terakhir mendapat nilai A. 

Kemudian KKP membentuk Tim Pengelola Kinerja untuk memastikan proses penerapan SAKIP di lingkungan KKP. Prosesnya berjalan efektif dan efiesien yang terdiri dari Tim Perencanaan Kinerja, Tim Pengukuran Kinerja, Tim Pelaporan Kinerja, Tim Evaluasi Kinerja, Tim Verifikasi Kinerja, dan Tim Kinerja Pegawai. 

Setelah narasumber memaparkan materi, selanjutnya berlangsung diskusi yang melibatkan peran aktif peserta mengajukan pertanyaan terkait penjelasan materi dari narasumber.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL