Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gelar Diskusi Teknis Penetapan Peta Jalan Frekuensi
Penulis Berita : Humas/Addie • Fotografer : Humas/Hendy • 11 Apr 2017 • Dibaca : 3213 x ,

Kepala Pustispan menyampaikan sambutan pembukaan diskusi teknis Penyusunan Roadmap Penggunaan Frekuensi untuk Penyelengaraan Keantariksaan Nasional

Frekuensi sebagai suatu sistem atau media merupakan sumber daya alam yang terbatas. Untuk itu, kebijakan penataan spektrum frekuensi menjadi sangat penting. Demikian halnya, monitoring penggunaan frekuensi harus efisien dan rasional untuk menghindari terjadinya gangguan atau interferensi. Pernyataan tersebut menjadi pokok bahasan Diskusi Teknis yang diselenggarakan Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan), Selasa (11/04).

Diskusi teknis mengetengahkan tema “Penyusunan Roadmap Penggunaan Frekuensi untuk Penyelengaraan Keantariksaan Nasional.” Sebagaimana laporan Kepala Bidang Standar Penerbangan dan Antariksa, Adhi Pratomo, “Diskusi ini digelar untuk memperoleh pemahaman terkait kebijakan penataan alokasi spektrum frekuensi, kebijakan monitoring, dan penertiban spektrum frekuensi radio.”

Dalam sambutan, Kepala Pustispan, Chusnul Tri Judianto mengatakan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan amanah Pasal 42 dan 102 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Hal tersebut juga mengacu pada Peraturan Kepala LAPAN Nomor 8 Tahun 2015 tentang Tugas dan Fungsi Pustispan Pasal 159 dan Pasal 160.

Chusnul berharap, kegiatan ini menghasilkan Roadmap Penggunaan Frekuensi untuk Penyelenggaraan Keantariksaan Nasional 2017-2020. Dengan Roadmap tersebut dapat meminimalisir interferensi terhadap spektrum frekuensi yang digunakan LAPAN, di dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi keantariksaan. 

“Lebih penting lagi, frekuensi yang kita gunakan tidak berbenturan dengan regulasi spektrum frekuensi radio yang dikeluarkan oleh Kominfo,” tegasnya.

Sesuai rencana, diselenggarakan tanggal 11-12 April 2017 di Bekasi, Jawa Barat. Pembahasan materinya menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL