Kompetensi Utama

Layanan


Program Unggulan Iptek Pacu Inovasi Lembaga Litbang
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 12 Apr 2017 • Dibaca : 19003 x ,

Peserta sosialisasi Program Unggulan Iptek berfoto bersama

LAPAN sebagai pusat unggulan penerbangan dan antariksa harus siap menghadapi tantangan untuk lebih maju di bidangnya. Maka LAPAN mengikuti Program Unggulan Iptek (PUI) yang dicanangkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Upaya tersebut direalisasikan dengan menyelenggarakan sosialisasi terkait PUI di Ruang Rapat Antariksa, Rabu (12/04).

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti. PUI Ristekdikti bertugas membina lembaga litbang yang mampu menghasilkan hasil riset yang inovatif sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat luas. 

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengembangan PUI adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan, sumber daya, dan jaringan iptek dari lembaga litbang. Prioritasnya yaitu spesifik mengarah pada terjadinya peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi. Hal tersebut untuk menumbuhkan perekonomian nasional yang pada gilirannya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Manfaat bagi lembaga penelitian dan pengembangan dengan adanya PUI adalah memperoleh dana insentif operasional. Pengembangan PUI Ristekdikti dilaksanakan setiap tahun selama maksimum 3 (tiga) tahun. Kemudahannya akan mendapatkan program insentif lain yang ada di RistekDikti. Hal lain yang diperoleh yaitu pembinaan secara kelembagaan dengan tujuan meningkatkan kinerja (output) lembaga litbang dari sisi akademik dan komersialisasi hasil litbang. Sehingga hal ini dapat berkontribusi lebih besar dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

LAPAN memiliki berbagai hasil litbang yang mengikuti PUI seperti pemanfaatan dan diseminasi informasi penginderaan jauh, serta pemodelan atmosfer indonesia dan teknologi satelit. Dalam sosialisasi ini diundang seluruh satuan kerja LAPAN agar dapat menyumbangkan ide dan mengikuti PUI.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL