Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasi Teknologi dan Data Penginderaan Jauh di Pemkab Pohuwato
Penulis : Iwan • Media : pohuwatokab.go.id • 12 Apr 2017 • Dibaca : 19527 x ,

POHUWATO - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pohuwato, kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Cabang Pare-pare, Senin (10/4) di ruang pola Kantor Bupati menggelar Sosialisasi Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Potensi Pemanfaatan, Distribusi dan Pelayanan Teknis Pengguna. Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Amin Haras didampingi Sekretaris Dinas PUPR dan Mega Saputra mewakili Lapan Pusat Cabang Pare-pare yang sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu Wabup Amin Haras mengatakan, Data Penginderaan Jauh merupakan salah satu data penting sebagai landasan penyusunan informasi spasial (kewilayahan), baik berupa batas administratif, informasi spasial penutup/penggunaan lahan, rencana tata ruang wilayah dan pengelolaan SDA. Dalam era teknologi informasi dan komunikasi sekarang, data satelit penginderaan jauh sudah sangat mudah diperoleh dan ketersediaan data dalam katalog provider juga sangat banyak. “Berbagai jenis citra satelit terutama resolusi tinggi seperti Ikonos, Quickbird, Worldview, Spot5, Spot6 dan Spot7 sudah cukup banyak tersedia baik secara spasial maupun temporal. Dengan adanya kontinuitas akuisisi dan ketersediaan data penginderaan jauh, maka peluang pengembangan pengguna dan potensi pemanfaatnnya cukup besar,” ungkap Wabup Amin.

Sementara itu, Mega Saputra mengatakan, jika Pemerintah Kabupaten Pohuwato hendak merencanakan untuk pembuatan RTRW, maka pemerintah dapat meminta data citra satelit penginderaan jauh resolusi menengah kepada Lapan. Dan jika Pemda Pohuwato hendak merencanakan untuk pembuatan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Wilayah, maka pemerintah dapat meminta juga data resolusi tinggi kepada Lapan. Kegunaan data citra satelit penginderaan berupa di Baperlitbang dan Dinas Tata Ruang untuk pembuatan RTRW atau RDTR, pada Dinas PU bisa memetakan jaringan jalan dan jaringan sungai, untuk Dinas Pertanian bisa memetakan lahan sawah, jaringan irigasi, pada Dinas Kesehatan bisa memetakan sebaran fasilitasi kesehatan serta masih banyak lagi manfaatnya pada SOPD. Sehingga dengan adanya data ini tentu dapat mengambil kebijakan sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing OPD.



Sumber : http://pohuwatokab.go.id/artl/50040138e7c637e17afba3be3c3ae3c9








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL