Kompetensi Utama

Layanan


Polsek Rawas Ilir Pantau Titik Api Gunakan Aplikasi LAPAN-Fire Hotspot
Penulis : Ain • Media : Sumselupdate.com • 25 Apr 2017 • Dibaca : 1322 x ,

Mura, Sumselupdate.com – Teknologi pada saat ini semakin berkembang seiring dengan peradaban manusia.

Kini, seolah aparat kepolisian bayang-bayang dari sebuah peradaban. Maka dari itu polisi harus mampu dan memahami penggunaan teknologi khususnya di bidang informasi.

Dalam sistem pemantauan bahaya Karhutla atau Kebakaran Hutan dan Lahan di lapangan, jajaran Polres Musi Rawas (Mura) termasuk Polsek Rawas Ilir telah menggunakan teknologi sebagai sarana pendukung tugasnya.

Tepatnya pada Mnggu (24/4/017) sekitar pukul 14.00, Kapolsek Rawas ilir bersama personel Bhabinkamtibmas melaksanakan patroli kegiatan imbauan secara langsung ke lokasi perkebunan warga yang rawan terjadinya kebakaran di Desa Air Bening, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Mura.

Pemantauan hotspot atau titik rawan api menggunakan aplikasi LAPAN-Fire Hotspot dan mendokumentasikan kegiatan pengecekan lokasi menggunakan aplikasi Open Camera.

Dalam pelaksanaan pemantauan, personel Bhabinkamtibmas melihat terlebih dahulu lokasi hotspot menggunakan aplikasi android.

Kemudian, setelah tiba di lokasi, wajib menggunakan aplikasi Open Camera dalam pengambilan dokumentasi kegiatan pemantauan bahaya karhutla.

Dalam menggunakan aplikasi Open Camera tersebut, dokumentasi gambar yang diambil akan memuat, lokasi titik koordinat, waktu, dan identitas pengirim secara update pada saat itu.

Kapolres Mura AKBP Hari Brata, SIK melalui Kapolsek Rawas Ilir Iptu Fajri Anbiyaa, SIK menjelaskan, terkait penggunaan teknologi informasi, sebagai salah satu pendukung dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Sebelum melaksanakan tugas, Kami sudah membekali anggota dengan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi LAPAN-Fire Hotspot dan Open Camera, jadi setiap orang yang masih membuka lahan dengan cara membakar, akan terpantau secara update melalui perangkat handphone personel kepolisian, kemudian anggota yang mengecek lokasi, juga akan terpantau tempatnya secara koordinat” ujarnya.

Kapolsek mengimbau kepada setiap masyarakat, agar tidak lagi melakukan pembakaran hutan dan lahan, untuk kelestarian hutan dan kepentingan bersama.

Sumber : http://sumselupdate.com/polsek-rawas-ilir-pantau-titik-api-gunakan-aplikasi-lapan-fire-hotspot/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL