Kompetensi Utama

Layanan


Titik Panas Sudah Mulai Menyebar di Sumsel
Penulis : Abdul Hafiz • Media : palembang.tribunnews.com • 14 May 2017 • Dibaca : 12185 x ,

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Kepala UPTD Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Dinas Kehutanan Sumsel Ahmad Taufik mengakui setelah mendapat laporan dari satgas masing-masing daerah, ada dua daerah yang memang dideteksi adalah titik api (firespot), yakni di OKI dan Musi Banyuasin.

"Di Musi Banyuasin ada lahan tidur yang terbakar. Sekitar 2 hektar, namun langsung dipadamkan tim satgas dengan peralatan yang sudah disiapkan," ungkap Taufik, Minggu (14/5/2017).

Sementara di OKI, yakni di kecamatan Simpang Tiga Sakti, api belum besar namun sudah langsung bisa diatasi tim satgas. Diakui Taufik, posisi di OKI adalah di kawasan tambak ikan.

"Sekarang upaya yang kita lakukan adalah merespon dan ambil tindakan cepat. Satgas di lapangan, jika mendapat informasi adanya titik panas, langsung lakukan pengecekan. Bila benar ada api, langsung dipadamkan," ujarnya.

Menurutnya, meskipum saat ini masih di musim penghujan, kondisi titik panas dan titik api bisa saja berpotensi muncul. Hal itu bukan hanya karena ada masyarakat atau pihak lain yang sengaja membakar lahan dan hutan, namun karena memang kondisi lahan yang memang mudah terbakar.

"Kita bersama semua stakeholder sudah lakukan pencegahan dengan meminta agar masyarakat tidak lagi membakar lahan dan hutan. Kita juga meminta kepada semua pihak, untuk membantu memadamkan kebakaran jika ada di sekitarnya terbakar," paparnya.

Taufik membeberkan untuk hotspot lain yang terpantau, sudah dilakukan pengecekan bahwa itu bukan kebakaran lahan dan hutan. Melainkan aktifitas warga yang terbaca satelit merupakan titik panas.

"Seperti di Lahat, posisinya titik panas terpantau di tengah pasar. Ini murni adalah aktivitas warga bukan kebakaran," terangnya.

Berdasarkan data dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) titik panas (hotspot) sudah mulai menyebar di Sumsel.

Setidaknya ada 12 titik panas yang terpantau di Sumsel. Yakni berdasar pantauan pada 13 Mei 2017, adapun sebarannya yakni di Banyuasin ada 1 titik, Muaraenim 1 titik, Musi Banyuasin 1 titik, Musirawas 1 titik, PALI 1 titik, Lahat 2 titik dan Ogan Komering Ilir ada 5 titik.

"Benar ada titik api yang terpantau pagi tadi. Kita langsung arahkan satgas penanganan karhutla di daerah masing-masing untuk mengecek di areanya sesuai dengan pantauan hotspot itu," pungkas Taufik.




Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2017/05/14/titik-panas-sudah-mulai-menyebar-di-sumsel








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL