Kompetensi Utama

Layanan


Bimtek Sebagai Sarana Menyusun Rancangan Standar LAPAN
Penulis Berita : Humas/EK • Fotografer : Humas/Addie • 23 May 2017 • Dibaca : 15141 x ,

Kepala Pustispan, Chusnul Tri Judianto memberikan pengarahan kepada peserta Bimtek Penyusunan Rancangan Standar LAPAN

LAPAN menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rancangan Standar, Selasa (23/05) di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang dimotori oleh Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan) ini untuk mendukung proses perumusan rancangan standar di lingkungan LAPAN.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Pustispan, Chusnul Tri Judianto. Hadir pada acara tersebut Tim Perumus Rancangan Standar (TPRS) dari Pusat Teknologi Data Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, dan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. 

Dalam sambutannya, Chusnul mengatakan, Bimtek tersebut merupakan tindak lanjut dari penyelenggaraan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Konseptor Rancangan Standar Penerbangan dan Antariksa tahun lalu. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa memunculkan rancangan standar level-0 yang telah disusun sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya rancangan tersebut akan diserahkan ke Kepala LAPAN untuk ditetapkan sebagai program prioritas pengembangan standar,” ujarnya. 

Kepala Bidang Lingkungan dan Serbaneka - Pusat Perumusan Standar BSN, Hendro Kusumo, dalam paparannya menyampaikan ketentuan umum dalam pengembangan standar dan kaidah dalam penyusunan standar. Ia menjelaskan standar sebagai dokumen yang berisikan spesifikasi teknis atau sesuatu yang dibakukan. Standar disusun berdasarkan konsensus semua pemangku kepentingan dan ditetapkan oleh lembaga berwenang. Selanjutnya, standar tersebut dipergunakan secara umum dan berulang-ulang untuk memperoleh tingkat keteraturan yang optimun. 

Hendro juga menyampaikan materi tentang Nilai Strategis Sebuah Standar, Lembaga yang Berwenang dalam Penetapan Standar serta Kendala yang Dihadapi dalam Penerapan Standar.

Dalam hal ini, peserta membahas rancangan standar secara detail dokumen rancangan standar yang telah disusun oleh TPRS. Dalam kegiatan diskusi, TPRS dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok dibimbing narasumber dari BSN. Pada akhir kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, setiap TPRS menyampaikan rancangan standar LAPAN level 0. Tentunya, standar tersebut telah disesuaikan dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku. 


TPRS LAPAN sedang melakukan diskusi dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rancangan Standar LAPAN 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL