Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Hasil Tangkapan dengan ZPPI
Penulis : Mrs • Media : bulungan.prokal.co • 24 May 2017 • Dibaca : 12506 x ,

PROKAL.CO, TARAKAN – Nelayan di Kalimantan Utara (Kaltara) ke depannya tidak akan sulit lagi menangkap ikan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bakal membantu dengan memberikan informasi lewat Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI).

Metode itu mulai diperkenalkan, kemarin (22/5). Selama dua hari hingga hari ini (23/5) di Tarakan, perwakilan nelayan dan SKPD terkait di kabupaten dan kota serta provinsi diberi pemahaman tentang cara kerja peralatan tersebut.

Sekretaris Utama LAPAN Ignatius Loyola Arisdiyo mengungkapkan, sistem ini merupakan pengembangan dari pantauan citra satelit yang diolah menjadi informasi tentang daerah potensi penangkapan ikan. Dengan motode ini, nelayan dengan mudah mendapatkan ikan.

“Nelayan yang tadinya mutar-mutar, bisa diarahkan ke lokasi zona potensi ikan. Yang mahal itu ZPPI, bukan alatnya,” ujarnya.

Dia mengklaim keakuratan metode ini bisa mencapai 90 persen. Keakuratan metode ini bisa dibuktikan dengan menggunakan global positioning system (GPS) dan fishfinder.

Dengan metode ini, lanjutnya, manfaatnya tidak hanya memudahkan nelayan dalam menangkap ikan, tapi juga menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) karena nelayan bisa langsung menuju ke zona tangkapan ikan.

Namun, pemanfaatan metode ini harus dikembangkan oleh dinas terkait di kabupaten dan kota serta provinsi. Artinya, LAPAN hanya memberi informasi tentang zona tangkapan ikan. Untuk meneruskan informasi tersebut kepada nelayan menjadi tanggung jawab dinas terkait melalui berbagai media.

Menurut Arisdiyo, metode ini sebenarnya bukan pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Kalimantan Utara justru menjadi provinsi terakhir yang dibantu. Sebelumnya, 33 provinsi sudah mendapatkan bantuan yang terbagi dalam beberapa kabupaten dan kota di masing-masing provinsi.

Ketua Kelompok Nelayan Cakalang, Masse, sebagian besar anggotanya memang masih menggunakan metode tradisional dalam mendeteksi keberadaan ikan di laut. Seperti melihat kondisi alam berupa waktu air pasang surut, dan sebagainya.

“Selama ini manual saja berdasarkan pengalaman kami,” akunya.



Sumber : http://bulungan.prokal.co/read/news/7652-tingkatkan-hasil-tangkapan-dengan-zppi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL